Senin, 01 Oktober 2018

Pengisian eSPT badan 8 : Lampiran II

Perincian Harga Pokok Penjualan, Biaya Usaha Lainnya dan Biaya dari Luar Usaha. Untuk Lampiran II, adalah form untuk mengisi HPP, Biaya Usaha Lainnya dan Biaya dari Luar Usaha. Pada form ini kita hanya memindahkan data dari Laporan Keuangan (Laba/Rugi) yaitu biaya-biayanya saja.


Untuk urutan tutorial bisa lihat di eSPT-Pajak

Untuk memulai. 
Nah berikut adalah tampilan jendelanya:
Untuk HPP adalah biaya yang terkait langsung dengan penjualan, misal biaya bahan baku. Biaya gaji karyawan produksi, transportasi barang produksi dsbgnya.

Untuk biaya usaha lainnya. misalnya gaji karyawan di luar produksi, biaya ATK kantor, dsbgnya.

Biaya diluar usaha, misal beban administrasi bank,dll.

Perlakuan khusus. 

Penyusutan
Untuk Biaya Penyusutan dan Amortisasi akan mengikuti data penyusutan. Jika nominalnya berbeda, selisih akan masuk ke Lampiran 1 secara otomatis, sebagai koreksi pajak.

Biaya Promosi
Untuk biaya promosi harus disertakan dengan lampiran daftar nominatif. Untuk lampiran daftar nominatif bisa lihat berbagai contoh excel di google.

Biaya Sewa 
Untuk biaya sewa, pastikan anda sudah melakukan pemotongan pph final. dengan dibuktikan melalui spt pph 4 ayat 2. Jumlah DPP setahun untuk sewa pada SPT Badan dan SPT 4 ayat 2 sewa, harus sama. Jika berbeda nanti akan dipertanyakan oleh KPP.
--------------------

Pastikan jumlah total biaya harus sama dengan yang ada di laporan keuangan. Jika biaya-biaya anda terlalu banyak item dan tidak tersedia di form ii ini, digabung saja kemudian masukkan ke biaya lainnya.

Jika sudah klik simpan, dan cetak ke PDF.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Posting Komentar

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar