Senin, 10 September 2018

Pengisian eSPT badan 2 : Transkrip Kutipan Elemen

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Kali ini lanjut ke tutorial ke 2 dari eSPT Badan yaitu hal yang pertama kali harus di isi di eSPT Badan. Yaitu Transkrip Kutipan Elemen, Form ini tidak mempengaruhi apapun di eSPT. Tapi untuk kroscek penyesuaian data dengan Laporan Keuangan Asli. Form Kutipan Elemen ini bisa anda kerjakan diawal ataupun diakhir, tetapi saya sarankan di awal, karena dikhawatirkan lupa. Karena memang kutipan ini, tidak mempengaruhi hasil akhir di SPT Induk, tapi tetap harus dilampirkan saat pelaporan.


Untuk mengisi kutipan elemen, syarat utamanya adalah sudah ada Laporan Keuangan Tahunan dan Rugi Labanya. Karena data pengisian bersumber dari Laporan keuangan. Pastikan Laporan Keuangan merupakan data yang terakhir atau jika sudah diaudit gunakan data laporan keuangan dan RL dari Audit.

Ok langsung saja prinsip pengisiannya. Di bawah ini ada terdapat banyak baris-baris yang harus di isi. Anda hanya cukup memindahkan apa yang ada di laporan keuangan ke dalam baris-baris yang cocok.

Neraca Aktiva


Jika ada dua item di laporan keuangan misalnya Kas sendiri dan bank sendiri, digabung dan masukkan ke Kas dan Setara Kas. Begitu juga yang lain, jika di beberapa item itu sejenis, dijumlah dan digabung. Baru diinput ke eSPT. Jika ada keterangan lap keuangan yang tidak jelas, silahkan di input ke Aktiva Lancar Lainnya, Aktiva Tetap Lainnya, atau Aktiva Tidak Lancar lainnya. Untuk Point No 15 pada neraca Aktiva, di input dengan nilai positif (bukan negatif) karena di eSPT sudah bertindak sebagai pengurang.

Pastikan ending Jumlah Aktiva sudah sama dengan Laporan Keuangan. Jika sudah sama, lanjut ke Neraca-Kewajiban.

Neraca Kewajiban

Sama seperti neraca aktiva, silahkan dipindah data kewajiban dari laporan keuangan ke dalam Neraca Kewajiban ini. Pastikan endingnya sama dengan laporan keuangan dan sama dengan jumlah neraca-aktiva. Alias harus balance. di aplikasi tidak ada info atau notifikasi "tidak balance" jadi harus dicek secara manual.

Laba Rugi

Laba rugi, langsung di isi total penjualan, pembelian, total biaya dan kolom lain yang perlu diisi berdasarkan Lap Laba Rugi . Pastikan ending laba bersih juga harus sama. (Laba bersih komersial bukan fiskal).

Hubungan Istimewa 

Di Tab Hubungan Istimewa, ini isikan data perusahaan jika memang ada hubungan Istimewa atau perusahaan yang memiliki price policy tersendiri. Untuk menambahkan data perusahaan, klik Tambah, lalu isikan Pihak-Pihak dengan nama perusahaan atau wp op, jenis transaksi apa (pembelian, jasa, atau apa disesuaikan saja dengan laporan keuangan atau informasi audit), nilai transaksi isi dengan nominal, jika sudah klik simpan.

Jika sudah klik Simpan, anda bisa mencetaknya sekarang atau nanti setelah SPT Selesai diinput semua.

Ok itu saja, postingan selanjutnya adalah mengisi Data penyusutan.

Urutan tutorial bisa dilihat di laman eSPT.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Posting Komentar

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar