Senin, 10 September 2018

Pengalaman memperpanjang STNK tahunan plat Jakarta di Samsat Cinere Depok

Assalamualaikum. Wr. Wb. Bro/Sis

Tak terasa penggunaan Suzuki Address Playfull, sudah memasuki tahun ke 2, dan tidak terasa pula melewati jatuh tempo alias telat bayar pajak. Biasanya saya menggunakan jasa pengurusan STNK waktu masih dijakarta dulu, tapi jauh. Mencoba-coba googling, ada istilah Samsat Online. Dalam benak saya wah bisa diakses via website nih. Saya coba udak-udek, malah gak ketemu-ketemu mana ini situsnya. Yang ada cuman berita dan berita doang. :D. Ketemu situs pajakonline.jakarta.go.id


Dalam hati sudah senang, langsung coba register di pajakonline.jakarta.go.id. Dan ubek-ubek menunya, dan kembali bingung. Di situs itu cuman bisa liat data kendaraan dan histori pembayaran saja. Tidak ada menu untuk membayar pajak saja. Untuk menu pembayaran Ini snapshotnya:

data kendaraan.. :D duh udah progesif ke 4
Dan hanya bisa lihat histori bayarnya aja.

Tidak ada menu untuk buat semacem "idbilling" atau menu bayar. Lalu coba explore lagi di "Objek Pajak" hanya bisa ketemu data fisik kendaraan saja.

Nah tambah bingung, coba searching-searching maksudnya apa itu eSamsat, akhirnya mudeng dikit, yaitu Samsat Online tapi diluar wilayah jakarta, dan harus datang. Ya anggap saja begitu. :D, akhirnya saya coba datang saja lah ke Samsat Cinere Depok, karena yang terdekat ya disitu. Lalu tanya-tanya pak polisi yang jaga didepan. Bisa perpanjang STNK jakarta, "Bisa", oke langsung parkir deh. (gambar dibawah ini saya comot dari google maps).

Langsung parkir di depan gedung samsat, tu ada parkirannya.


Habis itu menuju tempat fotokopi, nanti sebelah kanan gedung ada tulisan fotocopy gede banget, gak usah fotokopi diluar, langsung aja kesitu, tinggal kasih STNK, KTP, dan BPKB, gak perlu ngomong, tinggal tanya berapa, 5000 aja. Nanti udah langsung disiapin termasuk berkas Mapnya.


Oke lansung menuju pintu utama. Samsat, tanya-tanya lagi aja ke pak polisi dimeja pinta masuk:
Bayar pajak untuk STNK Jakarta bisa pak? Ya masuk terus belok kanan, ada tulisan samsat Online. Oke langsung masuk dan gak pakai nomor antrian, langsung masukin aja di loket. Saya ke Loket DKI, loket 2.

Nanti masukin aja berkas mapnya di loket, nanti berkas map yang sudah disiapin dari tempat fotokopian, diambil pak polisi yang jaga diloket, bis itu BPKP dikembalikan, lalu tunggu dipanggil, gak sampai 10 menit, langsung dipanggil dan bayar ditempat. Selesai dah, STNK tahunan sudah selesai diperpanjang masa berlaku tahunannya. Ternyata gak ribet dan prosesnya cepat. Akan tetapi Samsat ONLINE ini hanya melayani perpanjangan tahunan saja, Sedangkan untuk 5 tahunan, ya kembali ke asal DKI Jakarta. Termasuk balik nama tidak bisa disini.

Oke bro itu saja, jika ada yang mau perpanjang STNK Jakarta, Banten, atau Tangerang, yang kebetulan tinggal di daerah Cinere Depok, perpanjang STNK bisa di samsat Cinere Depok. Proses cepat dan gak lama.

Semoga berguna.

Wassalamualaikum Wr. Wb.. :)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Posting Komentar

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar