Jumat, 07 September 2018

Cara Input Lawan Transaksi Tanpa Blok RT RW dll di Aplikasi Efaktur

Kilas balik dulu mengenai efaktur, dulu pada versi awal-awal efaktur, pembuatan faktur bisa dilakukan tanpa harus menginput lawan transaksi terlebih dahulu. Bisa langsung dikerjakan pada saat "Rekam Faktur" Baru. Jadi untuk pengisian alamat bisa di isikan sesuai dengan maunya client. Sehingga tidak ada yang namanya RT 0 RW 0 KodePos 00000. Apalagi si client hanya menunjukan Kartu NPWP yang mana isinya juga belum tentu komplit dan belum tentu mau jawab hanya sekedar perihal alamat.


Nah pada update efaktur baru-baru ini, fitur mengisi alamat langsung di rekam faktur sudah tidak bisa digunakan. Sehingga mau gak mau harus isi Blok, RT, RW dsbgnya. Tapi jangan khawatir. Jika klien anda saklek yang mana hanya mau faktur harus sesuai dengan Kartu NPWP. Beginilah caranya.

Buka aplikasi efaktur, klik referensi, kemudian klik lawan transaksi, Jika anda tidak memiliki satupun lawan transaksi, silahkan di isi secara asal atau salah satu klien anda, di menu "Administrasi Lawan Transaksi". Nanti akan muncul jendela "Referensi lawan transaksi" Seperti berikut:


Klik Tambah. Lalu isikan data Klien anda lengkap full. Jika tidak ada rt rw isikan saja dulu dengan angka 000. Berikut adalah contohnya:

Klik simpan. Selanjutnya klik referensi, lawan transaksi , expor, simpan (save file) sebagai file csv, nama file csvnya terserah anda. Jika sudah buka referensi lawan transaksi, lalu hapus satu file tadi yang telah dibuat. Sekarang buka aplikasi excel. Klik Tab DATA, lalu klik from text.
Pilih file csv yang telah disimpan tadi. (dalam hal ini filenya saya namai cidcidcuid.csv)


Jika sudah klik import.

Klik Next, Centang seperti ini saja
Jika sudah klik finish, lalu OK. Nah nanti ketemu format seperti ini:
Selain isian kolom LT, NPWP, NAMA, dan JALAN, di delete semua (baris ke2 dan seterusnya), baris ke1 jangan ada yang didelete 1 pun. Nah selanjutnya isikan saja LT dengan LT, NPWP sesuai dengan NPWP (Format text excelnya ya, tanpa strip, titik, spasi), lalu isikan jalan lengkap sesuai NPWP. Anda bisa langsung mengisi banyak klien, mulai baris ke2, dan hanya kolom ABCdan D saja yang diisi yang lain biarkan kosong. Tidak ada nomor urut ya di format excel tersebut, ikuti sesuai yang ada saja, LT ya ditulis LT, NPWP ya diisi NPWP, Nama ya di isi nama, dst.

Jika sudah file, save as typenya di set CSV (Comma delimited). Trus di "yes, ok, ok, saja"


Jika sudah kembali ke aplikasi efaktur. Klik Referensi - Lawan Transaksi -> Impor. Ganti tanda "," menjadi ";" seperti berikut.

Lalu klik openfile, pilih file yang sudah di edit tadi. Pastikan keterangan harus dalam format OK

Jika sudah klik "Proses Import", jika sudah sukses, maka akan masuk, jika gagal berarti data yang di isi diawal tadi belum dihapus, cek langkah2 diatas ya. Nah langsung saja membuat faktur, dan pilih PT yang telah di edit alamat tadi.




Nah sudah bisa kan bro/sis. Jika ada kesulitan silahkan komen dibawah saja.

Semoga berguna.

Wassalamualaikum. Wr. Wb... :D
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Posting Komentar

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar