Jumat, 07 September 2018

Cara edit gambar di Microsoft Word

Microsoft word sejatinya adalah aplikasi yang biasa digunakan untuk mengolah kata-kata. Aplikasi ini merupakan aplikasi wajib di setiap komputer dengan sistem operasi windows. Akan tetapi aplikasi microsoft word ini ternyata memiliki fitur lebih yaitu mengedit gambar. Walaupun tidak sekompleks aplikasi photoshop. Namun fitur edit gambar yang tersedia di microsoft word ini sudah sangat cukup membantu.


Dalam contoh ini saya menggunakan Microsoft Office Word 2010. Mungkin di versi diatasnya tidak akan jauh berbeda.

Oke langsung saja, untuk mengambil sebuah gambar, anda bisa mengambil layar pc dengan tombol Printscreen, ataupun mengambil gambar dari sebuah file.

Mengambil gambar dari tombol Printscreen

Untuk menangkap layar tampilan windows, anda bisa menggunakan tombol printscreen. Cukup klik saja tombol printscreen, kemudian di aplikasi microsoft word, klik saja CTRL+V atau klik kanan paste. Maka tangkapan layar akan tersimpan di word. Berikut adalah contoh hasil mengambil gambar via tombol printscreen:

Mengambil gambar dari sebuah file

Selain dengan tombol printscreen, anda juga bisa mengambil gambar dari sebuah file gambar. Masuk ke tab menu "Insert" kemudian pilih "picture" lalu pilih file  gambar yang diinginkan.

Berikut adalah contoh hasilnya:
Selanjutnya gambar siap untuk diedit atau di modifikasi.

Mengatur posisi gambar


Secara "default" gambar akan tersusun seperti teks, dari atas ke bawah. Agar gambar bisa bergerak bebas tidak terikat urutan teks dari atas ke bawah. Klik kanan pada gambar. Lalu pilih Wrap Text, kemudian klik in front of text.
Untuk mengatur posisi diatas atau dibawah (tumpukan). Klik kanan pada gambar, lalu jika ingin dibawah tumpukan. Klik pada "Send to back", atau jika ingin di paling atas tumpukan, bisa klik "Bring to front"


Menu menu tersebut berada di panel atas kanan, jika gambar di klik 2 x seperti berikut:
Selain mengatur posisi, anda bisa rotasi gambar dengan menu "Rotate".


Mengatur Koreksi Warna

Gambar pada microsoft word bisa anda atur koreksi warnanya secara otomatis. Bisa ditajamkan, dicerahkan, ataupun di blur ataupun di gelapkan.

Mengatur Pewarnaan

Fitur warna di microsoft ini bisa memberikan opsi pemilihan warna saturasi, warna tone, ataupun pewarnaan kembali.

Efek Artistic

Menambahkan efek artistik pada gambar. Ada banyak efek-efek yang bisa anda gunakan, agar tampilan gambar bisa lebih menarik.

Picture style

Pada picture style ini, anda bisa mengganti berbagai macam border untuk gambar anda. Ada banyak pilihan dari yang bentuk kotak-kotak hingga membulat.

pada picture style ini juga terdapat "Picture Border" yang mengatur pewarnaan pada garis batas gambar. Lalu ada picture effects. Dimana anda bisa membuat efek garis batas yang lebih menarik.
Untuk keperluan presentasi, anda bisa mengatur atau memilih layoutnya di "Picture Layout"

Mengcrop Gambar di Microsoft word.

Klik 2x pada gambar, kemudian klik crop. Maka gambar akan ada sudut-sudut warna hitam, silahkan di atur saja area yang ingin dicrop.
Lalu klik enter. Maka contoh hasil crop adalah seperti berikut:
Nah itu saja. Cukup mudah bukan, untuk tampilan di microsoft 2010 keatas kemungkinan saja berbeda, namun tetap saja prinspinya adalah sama. Karena memang sama-sama dari microsoft. Untuk keperluan editing gambar sederhana, aplikasi editor gambar bawaan microsoft word sudah lebih dari cukup.

Wassalamualaikum. Wr. Wb. ... :D


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Posting Komentar

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar