Jumat, 07 September 2018

Cara buat SPT PPN Pembetulan eFaktur jika SPT Normalnya terhapus

Pernah mengalami yang namanya salah klik tombol? Di Efaktur kemungkinan saja terjadi, maksud hati ingin menghapus SPT masa sekian, "ndilalah" malah menghapus SPT masa sebelumnya. Ditambah pula ada revisi pajak juga di masa itu. Belum posting pembetulan juga. Nah gimana caranya biar bisa tetap posting pembetulan walau normalnya terhapus? Oke mudah saja kok. Yang pertama pastikan anda sudah memiliki SPT Fisik atau PDF masa normal yang sudah di lapor. Bukan yang belum dilapor, klo belum dilapor, ya tinggal di posting ulang saja beres.


Jika sudah memiliki arsip SPT Normalnya, langsung saja jalankan aplikasi eFakturnya. Misalnya anda ingin pembetulan 1. Posting normal dan langsung posting pembetulan 1. Jika ingi pembetulan 2, posting normal, pembetulan 1, dan pembetulan 2. Dst.


Tidak perlu membuka yang normal, langsung saja buka SPT yang dibetulkan saja. misal pembetulan 1. Klik Buka SPT Untuk diubah

Lalu buka arsip spt anda (arsip fisik berupa kertas atau digital berupa PDF), Jika anda melakukan pembetulan 1, lihat pada bagian II.D. PPN kurang atau (lebih) bayar (II.A-II.B-II.C) dari SPT normal anda.

Jika anda melakukan pembetulan 2 dst, lihat pada bagian II.F PPN Kurang atau (lebih) bayar karena pembetulan (II.D-II.E). di spt pembetulan 1 nya. Jika pembetulan 3, lihat di pembetulan 2, jika pembetulan 4 ya kebangetan banget mbetulin sampai banyak banget. :D :D :D :D



Nah catat nominal dari poin tersebut diatas. (Simpan saja dulu).

Jika anda memiliki kompensasi di masa yang dibetulkan, buka SPT-> Formulir Lampiran - 1111AB - Lalu buka ke bagian III. Isikan semua data kompensasi yang ada di situ.
Karena ini akan berpengaruh ke Kurang Bayar/Lebih Bayar di SPT induk. Kalau ini sampai lupa di isi, dijamin akan menambah kurang bayar sejumlah kompensasinya. Pastikan hal tersebut dicek, jika ada kompensasinya.

Jika sudah atau memang tidak ada kompensasi bisa langsung lanjut membuka SPT Induk. Buka SPT -> Formulir Induk -> 1111, Buka pada bagian 2. Isikan nominal (nominal yang telah dicatat sesuai langkah diatas) di Kolom II. E secara manual. (Kolom ini bisa di isi secara manual)
Jika ada kurang bayar, isikan SSPnya dahulu. Jika LB bisa langsung lanjut masuk ke Bagian VI. Centang Kelengkapan SPT.
Klik Simpan, dan selesai sudah, anda bisa langsung laporan pembetulan ppn nya di efiling. Dan sekali lagi, jika anda berada pada kondisi diatas, pastikan benar dan yakin bahwa SPT normalnya sudah dilaporkan, dan nilai spt yang dilaporkan sesuai dengan bukti lapornya.

Semoga berguna.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Posting Komentar

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar