Jumat, 31 Agustus 2018

Cara memproyeksikan Android ke Layar PC/Laptop dengan Windows 10

Cara Memproyeksikan Android ke Layar PC/Laptop dengan Windows 10. Dahulu untuk menampilkan layar Android ke dalam PC agak sedikit rumit. Ponsel android harus terkoneksi dengan kabel ke PC dalam mode "USB debugging". Dan anda butuh tambahan aplikasi untuk  menampilkan layar di PC. Beberapanya diantara lain adalah tools DDMS yang ada di android SDK, droid@screen, screen BBq droid, vysor dan sebagainya. 



Windows 10 yang merupakan sistem operasi terbaru dari perusahaan microsoft, ternyata sudah memiliki fitur "Projecting to this PC". Dengan fitur ini anda bisa menampilkan layar android yang memiliki fitur "Wireless Display" untuk ditampilkan di dalam desktop Windows 10. Jadi bagi anda yang memiliki Sistem operasi Windows 10 tidak perlu ribet-ribet lagi untuk menampilkan layar hp android anda ke PC. Minimal hp anda mendukung wireless display maka fitur "Projecting to this PC" siap untuk digunakan.

Bagi yang belum tahu bagaimana cara menggunakan fitur "Projecting to this PC" berikut akan dijelaskan langkah-langkahnya secara detail.

Koneksi HP ke PC

Ada 2 metode untuk bisa melakukan "Projecting to this PC" yang pertama adalah sambungkan PC dan perangkat android ke sumber wifi yang sama, atau yang ke dua sambungkan PC dengan wifi hotspot dari perangkat android. Berikut adalah langkah umum untuk melakukan wifi hotspot dari HP android. Buka pengaturan -> Tethering and Mobile Hotspot.


Pastikan HP dan PC sudah terkoneksi sempurna, baik yang melalui Wifi Tethering ataupun terkoneksi di jaringan wifi yang sama. Jika sudah bisa ikuti proses selanjutnya dibawah ini.

Aktifkan "Projecting to this PC"

Jika kedua perangkat baik PC atau perangkat android sudah terkoneksi satu sama lain melalui jaringan wifi, maka anda bisa mengaktifkan fitur "Projecting to PC" di dalam sistem operasi windows 10. Lihat panel sebelah kanan bawah, klik pada ikon pesan/notifikasi. Lalu pilih "Connect".

Kemudian pilih "Projecting to this PC". Maka akan muncul jendela baru seperti berikut:


Lalu ganti "Always off" menjadi "Available everywhere" atau "Available everywhere on secure networks". Lalu pada bagian "Ask to project to this PC" biarkan saja default. Nama identifikasi untuk koneksi nirkabel adalah menggunakan nama PC. Dalam contoh ini namanya adalah "User"

Dari sisi PC / Komputer aktivasi Projecting to this PC sudah selesai, selanjutnya adalah mengaktifkan wireless display yang ada di perangkat Android anda. Pada contoh ini saya menggunakan Samsung Galaxy Note 4 untuk mencoba menampilkan gambar ke PC.

Aktivasi Layar Nirkabel di Perangkat Android

Sebelum lanjut ke langkah ini, pastikan perangkat android anda benar-benar mendukung Layar Nirkabel. Biasanya di menu pengaturan ada opsi "Screen Mirroring" atau "Wireless Display". Dalam contoh ini di Samsung Galaxy Note 4 menunya adalah "Screen Mirroring.

Lalu klik saja pada "Available devices", dalam contoh ini, nama layar nirkabelnya adalah "User", setelah itu dari sisi PC akan muncul notifikasi "Connect" seperti berikut:



Pilih yes, maka secara otomatis layar Android anda akan muncul di Desktop Windows 10, berikut adalah tampilannya. Tampilan tidak bisa diatur, untuk bisa layar penuh cukup di set maximize / fullscreen. Untuk suara muncul di sisi desktop pc.
Lalu jika anda mencoba mengontrol layar dengan mouse akan muncul notifikasi seperti berikut, yang bertuliskan "Touch input is turned off. To turn it on, go back to your PC, and select action center > Connect > the check box".
Fitur ini sepertinya belum tersedia, karena tidak ada opsi check box. Fitur ini jika aktif maka akan seperti fitur remote perangkat android dari PC. Namun, karena ini adalah menampilkan layar ke PC, maka PC dianggap seperti sebuah layar TV saja. Jadi selamat menikmati tampilan android di layar desktop PC, selanjutnya anda bisa melakukan hal lain seperti merekam layar android, mengambil capture gambar, dan sebagainya.
 
Ok saya rasa itu saja untuk tutorial bagaimana cara memproyeksikan Android ke Layar PC / Laptop dengan Windows 10. 
 
Semoga berguna.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Posting Komentar

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar