Rabu, 21 Februari 2018

Cara mudah rekap PPN Keluaran dari EFAKTUR

Assalamualaikum. Wr. Wb. Bro / Sis

Awal tahun 2018 nih, tahunnya mengequalisasi omset PPN dengan yang sudah di laporkan di SPT. Jika dahulu menggunakan aplikasi eSPT PPN 1111, untuk ekualisasi cukup diexpor saja data yang sudah dilaporkan di SPT lalu dibandingkan dengan rekapan GL/Keuangan di perusahaan. Akan tetapi semenjak eFaktur ini, untuk fitur exportnya, hasilnya adalah tidak sejajar, atau lumayan berantakan. Jadi agak merepotkan jika untuk mengetahui omset total setahun.
Nah ada cara lain yang lebih mudah, yaitu dengan fitur copy paste aja... :D

Oke, buka saja aplikasi eFakturnya dulu, lalu Buka Faktur, Pajak Keluaran, kemudian Administrasi Faktur, Lalu klik Filter:

Pilih tahun, isikan nilai pembanding dengan tahun yang mau di ekualisasi., kemudian setelah itu simpan. Jika faktur anda lebih dari 100, set per halaman menjadi 10000 saja, asumsi faktur anda jumlahnya tidak sampai 10000, jika sampai 10000 ya diset menjadi 100000, dan seterusnya.


Kemudian enter, pastikan semua faktur keluar, dari bulan januari hingga desember. Jika sudah klik salah satu faktur. kemudian tekan ctrl-A, lalu tekan CTRL+C

Lalu pastekan di excel:

Beberapa hasil di sembunyikan, alasan Privasi klien bos.. :D
Nah selesai dech, gampang dan gak pakai ribet toh, dan dijamin sejajar, gak ada yang diatas dibawah, gak seperti kalau pakai fitur export csv, hasilnya pasti kacau... :D :D :D :D :D

Oke bro gitu, aja.

:)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Posting Komentar

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar