Minggu, 29 Oktober 2017

Cara Print ulang Billing Pajak dan Bukti SSP elektronik

Assalamualaikum. Wr. Bro/Sis

Bagi anda orang bagian keuangan atau pajak di perusahaan, tentu dan kalo bisa jangan sampai, kehilangan berkas-berkas penting. Salah satunya adalah bukti setoran pajak idbilling. Karena bukti bayar SSP ini sangat penting dalam urusan perpajakan nantinya, Bukti SSP ini jangan sampai hilang. Akan tetapi jika sudah terlanjur ya apa boleh buat. Solusinya yang paling mudah ya datang ke Bank minta di cetak ulang, ke Kantor Pajak untuk mengecek data pembayaran, atau melalui kring pajak.

Akan tetapi jika anda membutuhkan kode NTPN (sebagai contoh aplikasi efaktur) dan Waktu deadline semakin tipis, tentu solusi ke Bank / ke KPP atau jika telpon ke kring pajak sedang sibuk maka akan menyebabkan keterlambatan. Dan pastinya mau alasan apapun, telat lapor pasti kena denda.

Untuk bisa mencetak sendiri Kode NTPN, anda minimal harus memiliki akun SSE versi Pertama, yang loginnya seperti ini.

Jika belum, dan sudah terlanjur register SSE versi 2 atau via aplikasi efiling. Maka solusinya hanya melalui ke 3 metode tersebut, yaitu ke Bank, Ke KPP, atau telepon ke kring pajak. Tapi minimal anda harus memiliki backup SSP id billing untuk memudahkan informasi ke pihak bank atau pajak. 

Untuk mencegah kehilangan data idbilling di masa mendatang, biasakan diunduh dulu sebelum cetak, ketika membuat ssp. Umumnya ketika ssp sudah di klik cetak, maka langsung di proses cetak tanpa diunduh dulu, ini menurut saya salah, karena jika langsung di cetak, file SSPnya akan hilang ketika di close. Perhatikan ikon disebelah kanan atas ketika SSP sudah muncul untuk siap dicetak. Ada gambar printer dan tanda panah kebawah, tombol ikon print biasanya yang sering diklik para WP, harusnya tombol tanda panah kebawah dulu untuk mengunduh baru kemudian dicetak. Untuk lebih detail mengenai ssp elektronik nya bisa lihat di postingan cara membuat ssp elektronik.


Atau jika anda ingin autobackup idbilling, ada layanan pihak ke 3 yaitu di online-pajak.com. Data idbilling anda pasti tersimpan, untuk detailnya bisa di cek di "cara membuat ssp elektronik".

Jika anda sudah pernah register SSE versi 1, tentu akan lebih mudah untuk mencetak NTPN sendiri. Minimal yang perlu anda pegang adalah "Nomor Kode Billing".

Silahkan login ke SSE versi 1:

Proses login biasanya mengalami logout beberapa kali, teruskan sampai bisa masuk.

Lihat menu yang ada seperti berikut:

Klik pada View Data:

Klik Pada Konfirmasi NTPN, jika logout lagi, login lagi beberapa kali sampai berhasil menu seperti berikut:
Pada Kolom Billing/NTPN isikan dengan data kode billing:

Lalu klik Verifikasi, selesai deh, data NTPN dan tanggal bayar pajak sudah nongol semua:
Selanjutnya blok kode billing:
Lalu klik kanan copy, buka aplikasi Word, paste:
Atau boleh juga di snapshot, klik printscreen, lalu pastekan di windows. Selesai, print saja untuk pengarsipan.

Catatan:
Untuk mencetak NTPN sendiri wajib memiliki akun SSE versi 1, jika tidak memiliki maka tidak akan bisa. Solusinya hanya by phone ke kring pajak, ke kantor pajak, atau ke bank tempat pembayaran. Mengapa tidak bisa login pakai sse2 atau 3 ke sse1, untuk itu silahkan tanyakan ke web developer pajaknya. Yang jelas saya tidak tahu.

Oke itu saja semoga berguna.

Wassalamualaikum. Wr.Wb.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

3 komentar:

  1. terimakasih Agan, Sangat Membantu

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. klo sudah bayar dapet NTPN, ada di struk, atau bukti pembayaran (NOMOR TRANSAKSI PENERIMAAN NEGARA)

      Hapus

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar