Jumat, 11 Maret 2016

Update e-Faktur error

Baru-baru ini efaktur mengalami update, dan seperti biasa diawal-awal terima update pasti server seperti terasa kepenuhan, untuk download update saja terasa lama, dan sempat beberapa waktu lalu setelah update malah muncul "startup class is not Valid main method missing". Nah bagaimana solusinya.


Pada saat tulisan ini dibuat sabtu 12-maret-2016, update berjalan lancar, dan "startup class is not valid..." tidak ditemukan, alias habis update berjalan lancar. Nah kebetulan ada satu aplikasi untuk klien yang sempat update di beberapa hari yang lalu, dan mengalami startup class is not valid. Nah jika masih mengalami hal itu, 

Alternatif 1. Download aplikasi baru
silahkan saja unduh aplikasi efakturnya dulu di https://efaktur.pajak.go.id/aplikasi, kalau bisa jangan dijam-jam awal-awal update, atau dijam kerja, biasanya "koneksi akan menyiput", lebih baik downloadnya tengah malam atau pagi-pagi.

Alternatif 2. Gunakan aplikasi yang lama.
Silahkan ekstrak aplikasi yang lama, kemudian jalankan aplikasi untuk melakukan update.

Nah jika alternatif 1 atau 2 sudah dilakukan, selanjutnya adalah mengcopy folder "db" dan "log", ke tempat aplikasi yang baru (alternatif 1), atau ke tempat aplikasi lama yang diupdate (alternatif 2). 
Kemudian jalankan deh. Aplikasi seharusnya sudah bisa dibuka.. :D
Nah jika ada update lagi di kedepannya, jangan lakukan di siang atau dijam-jam sibuk, lakukan bukan dimana user efaktur bekerja, alias malam hari, pagi-pagi sekali, atau tengah malam. Daripada desak-desakan rebutan server, walhasil lemot atau bahkan connection time out. :D


Ok itu saja
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Posting Komentar

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar