Kamis, 10 Maret 2016

Post Memo - Aplikasi alternatif S-Memo untuk Android

Assalamualaikum. Wr.Wb. Bro/Sis.

S-Memo adalah aplikasi "notes" / "pembuat catatan" untuk perangkat Samsung, awalnya aplikasi ini dibuat untuk Galaxy Note, namun hampir seluruh varian samsung terbaru sudah memiliki fitur aplikasi S-Memo ini. Sayangnya aplikasi ini tidak tersedia untuk umum, hanya di perangkat Samsung saja. Apakah ada alternatif lain? Ya tentu saja banyak, hanya saja yang memiliki fitur seperti S-Memo memang harus kudu Jeli, nah kali ini saya mau share aplikasi mirip S-Memo yaitu "Post Memo".

Post Memo

Post memo merupakan aplikasi "pembuat catatan" di perangkat android, dikembangkan oleh UX R&D Group, Mobile Division, sepertinya developernya bagian dari group samsung. Search saja "Post Memo" di Google Play untuk mencari aplikasi ini. Ukuran size aplikasi sekitar 30mb.


Fitur Post Memo

Post memo memiliki fitur yang hampir serupa dengan S-Memo, mendukung S-Pen, mendukung attachment gambar, alarm, dan sharing. Berikut adalah halaman menu dari Post Memo.

Halaman Catatan

Tampilan antar muka Post Memo ini cukup sederhana, bagian atas terdiri dari menu, ada 3 pilihan warna cepat, eraser/penghapus, text, camera, attachment dari gallery, reminder dengan alarm, fitur sharing, dan pengaturan halaman.

Gaya Tulisan

Untuk gaya penulisan Post Memo ini memiliki 4 mode, ada pensil, kuas, stabilo, dan pulpen, ketebalan tulisan juga dapat diatur, serta warna dapat diganti sesuai keinginan. Ya hampir mirip dengan S-Memo yang ada di Samsung.


Attachment

Untuk attachment, anda bisa menambahkan gambar, via gallery, atau langsung capture via kamera. Dan untuk mode text, ternyata di Post memo ini, adalah dalam bentuk box text, bukan langsung mengetik di baris halaman, setelah saya coba kesana kemari tidak ada fitur input text langsung ke baris halaman. Mungkin jika memang ada fitur ini dan saya kelewat, silahkan saja bantu komentar saja bro/sis.

Pengingat Catatan

Post Memo ini juga memiliki fitur pengingat mengenai catatan yang dijadwalkan, sehingga anda tidak akan lupa apa yang akan anda kerjakan nanti.

Fitur lain

Fitur lain dari Post Memo kurang lebih sama dengan kebanyakan aplikasi notes, seperti sharing. Lalu post memo ini mendukung penuh perangkat S-Pen, sehingga bila digunakan di Galaxy Note, akan lebih maksimal, dan tekanan pada penulisan akan terlihat. Akan tetapi setelah saya coba di non galaxy series, hasilnya juga tidak jauh berbeda dengan hasil yang ada di galaxy notes.


Penggunaan Stylus untuk Post Memo

Nah karena aplikasi ini lebih mengutamakan "handwriting", dibanding "texting" tentu tidak akan optimal jika hanya menggunakan jari untuk menulis, lebih baik menggunakan stylus khusus capacitive, banyak alternatif stylus yang memiliki akurasi tinggi, seperti adonit, dagi stylus, dan lainnya. Nah berikut adalah hasil iseng-iseng coret saya menggunakan Dagi Stylus di Galaxy S3:



hasilnya menurut saya lumayan tidak kalah dengan Galaxy Note hehe.
Ok selebihnya silahkan dicoba sendiri.. :)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Posting Komentar

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar