Senin, 21 Maret 2016

Cara rollback / Downgrade Windows Phone 10 ke Windows Phone 8.1

Assalamualaikum Wr.Wb. Bro/Sis
Beberapa waktu lalu microsoft lumia 540 saya mendapat update ke Windows 10, setelah pemakaian hampir sebulan ini ternyata Windows 10 masih belum siap untuk "daily use" alias masih banyak bug yang harus diperbaiki.

Rollback Windows Phone 10 ke Windows Phone 8.1

Untuk melakukan proses "rollback" atau istilah lain adalah downgrade dari Windows Phone 10, ke versi sebelumnya 8.1. Anda harus mengunduh software yang bernama "Windows Device Recovery Tools". Yang dapat diunduh melalui tautan berikut ini:


Setelah anda mengunduhnya, silahkan di Install terlebih dahulu, lalu pastikan koneksi internet aktif dan jika menggunakan kuota pastikan cukup untuk mengunduh sekitar 1.6 gb file recovery Windows Phone. Kemudian jalankan aplikasinya, berikut adalah tampilan dari Windows Device Recovery Toolsnya.

Perhatian:
oya sebelum anda melanjutkan untuk melakukan downgrade / rollback ke windows phone 8.1 pastikan anda telah membackup data anda, karena proses downgrade akan mereset windows phone anda.

Koneksi PerangkatWindows Phone

Jika sudah sambungkan perangkat Windows Phone ke PC/Laptop yang telah terinstall Windows Device Recovery Toolsnya, tunggu sampai aplikasi ini mendeteksi perangkatnya.

Nanti akan muncul jenis perangkat yang anda gunakan, kemudian pilih perangkat tersebut, secara otomatis aplikasi tersebut akan memeriksa data firmware secara online sesuai dengan perangkat yang digunakan.
Pada Device Info akan terlihat info firmware pada "Device" : firmware yang benar-benar digunakan saat ini, (jika terinstall Windows Phone 10 preview atau versi yang belum stabil, maka versi akan lebih tinggi dari yang ada pada server). Langsung saja tekan menu "Reinstall Software". Dan tunggu aplikasi untuk mengunduh Firmware. Sebagai contoh untuk Lumia 540 saya, membutuhkan sekitar 1.6GB. Jika unduhan sudah selesai, hati-hati jangan sampai kabel USB pada perangkat Windows Phone terlepas, karena beresiko "ngebrick". Proses instalasi firmware berjalan lumayan cukup cepat, jika sudah selesai, maka Windows Phone akan hidup seperti pada saat pertama kali membukanya dari kardus, alias reset dari awal.

Ok itu saja. :)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Posting Komentar

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar