Kamis, 14 Mei 2015

Mengganti gaya status bar ala Lollipop pada android non lollipop

Assalamualaikum. Wr. Wb. Bro/Sis

Saat postingan ini dibuat, android versi terbaru ada lollipop 5.1.1, yang mana versi lollipop ini memiliki versi yang jauh lebih ciamik daripada versi-versi sebelumnya, salah satunya adalah status bar, pada versi lollipop ini warna status bar akan mengikuti aplikasi yang berjalan, misal aplikasi kontak memiliki dasar warna biru maka status bar akan menjadi warna biru.
Seperti ini contohnya:

Nah itu kan di lollipop, klo ada HH yang gak dapet update lollipop kudu gimana.. Tenang ada solusinya, install aja aplikasi xposed framework dulu disini:

http://repo.xposed.info/module/de.robv.android.xposed.installer

Cari yang versi 2.6.1, jika sudah instal apknya terus install frameworknya. (ROOT only), selanjutnya install script (sesuai petunjuk yang ada), lalu reboot, lalu buka aplikasi xposed, harusnya sudah seperti ini:

Kemudian Pilih Download search Tinted Status Bar (BETA), kemudian install, lalu back, masuk ke modules, aktifkan tinted status bar, lalu restart.






Kemudian restart deh, untuk beberapa aplikasi sudah otomatis berubah mengikuti warna, namun beberapa lainnya perlu di edit manual. silahkan menuju aplikasi tinted status bar, lalu pilih aplikasi yang diinginkan.

Pilih whatsapp sebagai contoh, lalu pilih All activites, ..., lalu modif saja yang status bar tint.

Jika sudah apply deh, nah berikut contoh hasilnya pada android jellybean 4.3 stock rom sgs3 masih odex.. :)









Nah lumayan kan, walaupun kudu extra usaha sedikit, untuk modif aplikasi yang diinginkan jika defaultnya belum berubah warna. :p, oke lalu apakah ini bisa untuk gingerbread. SUdah ada portingannya, silahkan coba di tautan berikut:
Xposed:
http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2641857

Tint Status Bar:
http://forum.xda-developers.com/xposed/modules/port-tinted-status-bar-t2532067

Tapi sepertinya masih alpha, :p, BTW: gunakan dengan resiko anda sendiri, hh bootloop, error, hang crash, hancur, atau meledak bukan urusan saya.. :p

OK itu aja.. :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

2 komentar:

  1. kalo status barnya udh bisa berubah warna tpi klo udh di unroot msih bisa bekerja nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa, karena setiap reboot si xposed selalu akses system.. selama xposed bisa akses (yang mana harus root).. fitur itu tetap berjalan.. tapi klo di unroot,,, ya balik lagi seperti normal... xposed gak bisa dijalankan.

      Hapus

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar