Kamis, 14 Mei 2015

Mengatasi virus shorcut di flash disk pada windows 7 / 8.1

Assalamualaikum. Wr. Wb. Bro/Sis

Kali ini mau share virus shortcut flashdisk, jika ada yang mengalami hal yang sama semoga ini bisa membantu, perlu diketahui virus shorcut ini ada beberapa tipe, yang tipe tiap file dibuat shortcut, kemudian isi file dibuat shortcut tapi yang menggenerate adalah autorun yang ada di flash disknya, dan kalau disaya dikarenakan oleh malware yang berjalan tiap kali start.


Oke pertama-tama, colok flash disk, buka deh shortcut linknya sukur-sukur masih kebuka, dan copy deh file yang udah dibackup. Atau kalau sudah parah tidak bisa dibuka, gunakan cmd dan jalankan perintah berikut:

attrib -h -r -s /s /d g:\*.*

Note: g bisa diganti dengan lokasi flash disk anda misal f e h dst, nanti isi flash disk akan muncul di folder tanpa nama, backup deh isi filenya. Kemudian download ccleaner disini:

http://www.piriform.com/ccleaner

Install kemudian jalankan cclearner, lalu buka Tools, dan startup, jika anda melihat program hanya bertuliskan huruf dengan ekstensi .lnk, misal f.lnk, g.lnk, dll maka itulah virusnya.. :D

Klik kanan lalu disable atau delete. Kemudian format flash disk, jika selesai langsung cabut gak usah dieject, lalu reboot, colok flash disk lagi langsung format. Selesai deh, tuh virus udah gak nongol-nongol lagi disini.

Nah kalau disable atau delete gak bisa juga, solusi terakhir buat user baru, backup dulu data-data ke eksternal hdd, atau dvd, kemudian login dengan user baru, lalu hapus deh folder user lama C:\Users\Userlama

Selesai, Btw ini kalau sumber virus dari aplikasi malware.. yang menetap di AppData\Roaming, kalau aplikasinya gak terdeteksi di ccleaner, coba saja dengan membuat user baru seperti metode diatas.

Semoga zukzey ya zay.. ;-)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Posting Komentar

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar