Sabtu, 16 Mei 2015

Mencoba PACMAN Rom lollipop di Android ONE

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Malam bro/sis, semoga sehat selalu. Kali ini saya mau sharing pengalaman mencoba alternatif rom baru untuk ANDROID ONE (Nexian Journey one, Evercoss One X, Mito Impact). Yaitu PACMAN ROMS.


Apa itu PACMAN ROMS, Jika dipecahkan maka akan menjadi (P)aranoid Android (A)OKP (C)yanogemod, ya Pacman ROMS merupakan gabungan antara rom Paranoid android, aokp, dan cyanogenmod. Oke untuk ANDROID ONE ini sudah ada developer yang mengembangkannya yaitu Kunal.Kene.1797

Untuk link bisa dilihat di:

Sprout 4:
http://forum.xda-developers.com/crossdevice-dev/android-one-crossdevice-development-original-android-development/rom-pac-rom-lp-mr1-beta-1-t3107574
Sprout 8:
http://forum.xda-developers.com/crossdevice-dev/android-one-crossdevice-development-original-android-development/rom-pac-rom-lp-mr1-beta-1-t3108308

Silahkan unduh saja:
1. ROM
2. Gapps nya
Taruh di Eksternal SDCard, kalau gak punya ya jangan lanjut.. :P, internal gak akan kebaca. :)

NOTE: Gunakan dengan resiko anda sendiri, HH rusak, hang, bootloop, meledak, pecah, mati, dan sebagainya, bukan urusan saya.. :p


Instalasi:
1. Unlockbootloader dulu
2. Backup dan Backup, pasti ilang data setelah instalasi rom PACMAN ini. Kecuali data yang dari eksternal SDCARD (insya Allah aman selama tidak  diformat di cwm ;P)
3. Sudah terpasang CWM/Philz/TWRP
4. Wipe data/cache/dalvik/art
5. Format System
6. Flash ZipRom, Gapps.

Ok Untuk masalah BUGS, saat postingan ini dibuat, Bug versi LP-MR1 Beta 1 ya sama dengan CyanogenMOD 12 Beta 3. Nah di postingan ini bukan membahas mengenai bug. Tapi fitur yang ada di PACMAN Roms ini.

Sekilas ROM ini dasarnya ya sama dengan Stock Lollipop 5.1.1, mulai dari lockscreennya, kemudian Homescreennya, Nah yang berbeda adalah fitur personalisasinya. Kalau di stock android mana ada fitur tema, font, paling banter juga ganti launcher.. :D xixixi... Kalu mau lebih kudu root dan aneka hal yang ribet lainnya yang terkadang menyebabkan bootloop.. :D

Ok langsung saja. Cek Fitur yang ada di PACMAN ROM ini. Buka Setelan/Settings -> Lalu cek Personalisasi -> PAC Settings.

Berikut adalah Fitur yang ada di PAC Settings.

Untuk APPBAR saat dicoba masih crash belum berjalan sempurna di Beta1 ini, untuk fitur Tombol hampir mirip-mirip dengan yang ada di CyanogenMOD. Lalu untuk Gesture Anywhere, Pada fitur ini anda bisa menset gesture untuk menjalankan sebuah aktifitas atau aplikasi pilihan. Sebagai contoh aplikasi calculator:

Swipe kekanan, lalu buat gesture M (hanya contoh),
gesture bisa diset sesuai keinginan

Nah langsung muncul deh aplikasi kalkulatornya dan ternyata dalam mode float, tapi mode float hanya berlaku pada aplikasi tertentu saja. :)
Lalu untuk Lockscreen, Drawer Pemberitahuan, Serta Notification Manager, tidak jauh berbeda dengan versi Rom CM. Nah yang terakhir adalah fitur Wakelocks, nah istilah baru nih, secara bebas dan asal kira-kira begini wakelock itu adalah sebuah proses dari system android yang dalam kondisi layar mati, tetap menjalankan cpu, alarm, notif, getar dan lain-lain. Ya sejenis power management. Nah fitur ini mematikan fungsi yang ada tersebut, tapi resiko menggunakan fitur ini adalah ketidak stabilan pada android anda, jika anda yakin hanya mematikan fitur seperti notif, getar yang umum ya silahkan saja tapi klo yang tidak dimengerti sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan error. :D

Nah itu saja iseng-iseng mencicipi fitur PACMAN versi lollipop di android one ini. Sayangnya versi lollipop masih minim fitur, dan harap maklum karena masih early build.. :D

:D
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

2 komentar:

  1. Halo gan permisi mau nanya kalo mau flash ulang ROM aslinya gimana ya caranya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ane udah lama gak pakek rom asli.. :D, coba main ke grup-grup android one, kaskus, atau xda.. :)

      Hapus

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar