Rabu, 18 Maret 2015

Cara mendaftar, membuat dan membayar SSP/SSE idbiling (surat setoran pajak) Elektronik

Assalamualaikum. Wr.Wb. Bro/Sis

Cara mendaftar SSP (surat setoran pajak) Elektronik. Kali ini share lagi tentang dunia perpajakan. Yaitu mengenai SSP, sekitar akhir tahun 2014 di tempat bank dimana saya biasa menyetorkan pajak. Sering kali mendapat himbauan untuk membuat SSP elektronik. Karena katanya memiliki berbagai macam keuntungan, yaitu proses cepat dan bisa disetor dibank dimana saja. Tidak seperti SSP lama yang harus di bank tertentu dan seringkali harus di ttd terlebih dahulu oleh pejabat bank sehingga memakan waktu lama.


Cara mendaftar dan membuat SSP/SSE idbilling (Surat Setoran Pajak)



Nah bagaimana cara membuat SSP Elektronik, ya tentunya harus sudah memiliki NPWP dan Email. Saat ini ada beragam cara untuk membuat id Billing / SSP Elektronik. Berikut dibawah ini adalah beberapa cara untuk membuat idbilling/sse elektronik.

Catatan : Silahkan klik pada gambar jika dirasa kekecilan, untuk memperjelas. 


1. Buat SSP/SSE/idbiling dengan mendatangi kantor pajak terdekat

Yang paling mudah sekali jika benar-benar males akses online, adalah mendatangi Kantor Pajak terdekat. Siapkan atau tulis saja di secarik kertas, Jenis Pajak, masa pajak, tahun pajak, No Ketetapan jika berupa (STP atau SKPKB). dan Nominalnya. Lalu tanyakan kepada petugas setempat dimana loket/tempat untuk membuat SSP idbiling, lalu ambil antrian, tunjukan saja tulisan yang sudah di tulis jika sudah dipanggil oleh petugas loket. Nanti anda akan diberikan SSP yang siap dibayarkan ke bank / atm / online banking.

2. Membuat SSP/SSE dengan platform pertama SSP yaitu SSE.PAJAK.GO.ID


Nah sekarang harus butuh internet, di sini kita akan membuat SSP dengan layanan yang disediakan oleh Pajak.Go.id. Sebelum memulai, saya sangat menyarankan mendaftar SSE di versi pertama dulu, karena di SSE pertama ini memiliki banyak keuntungan yaitu bisa mencetak atau menggenerate bukti bayar SSP, sehingga jika SSP hilang bisa dengan mudah mencetak kembali dengan SSE.Pajak.Go.id versi pertama ini. Untuk cara mencetak ulang bukti ssp ada di postingan post disini.

Pastikan sudah memiliki email, dan NPWP ya. Langkah pertama buka http://sse.pajak.go.id.
Nanti akan muncul seperti berikut:
Cara lengkap buat dan daftar ssp elektronik
Pilih link ebilling Pajak Versi 1.


Kemudian klik daftar baru, nanti muncul seperti berikut:


Panduan Lengkap Cara Daftar dan Bayar Pajak Online Dengan Surat Setoran Elektronik (SSE) Pajak


Isikan saja no NPWP nanti nama otomatis keluar, lalu email, dan terakhir isi captcha dan register, setelah itu buka email deh. Buka link untuk memvalidasi. Isi emailnya adalah seperti ini:

Didalam email tersebut, juga sudah terlampir USER ID. Saat anda klik link mungkin halaman akan error. Biarkan saja, langsung saja buka sse.pajak.go.id. Isikan user id dan PIN yang anda terima, lalu isikan captcha.

Info : SSP versi 1 ini punya banyak kelemahan, yaitu suka logout sendiri, jika logout, maka solusinya adalah refresh isi username dan pin, login lagi, berulang-ulang hingga bisa. terkadang bisa sampai 1-5 kali bisa login normal, dan di sse 1 ini juga ada timeoutnya, jadi kadang bisa logout sendiri

Jika sudah berhasil login maka menunya akan seperti berikut dibawah ini.


Kemudian pilih Jenis Pajak, Jenis Setoran, Masa pajak. Untuk bulanan misal mei, di set mei s/d mei, untuk tahunan, diset Jan s/d Des. Kemudian isi tahun pajak. Isi No SK jika berupa STP/SKPKB. Isi jumlah Setor, kemudian klik simpan. Periksa dahulu sspnya. Jika sudah klik "terbitkan kode billing"


Berikut adalah hasilnya:

Jangan klik cetak dahulu, seperti yang sudah saya bilang diatas, sse 1 suka logout sendiri. Tekan tombol PrintScreen, kemudian buka aplikasi word, klik kanan paste. Lalu atur dengan fitur Crop di Microsoft word. Dan beginilah contoh hasilnya. Print, cetak, langsung ke bank/atm/online banking untuk bayar.


Nah klo sudah silahkan klik cetak, klo beruntung nanti akan muncul file pdfnya, klo gagal ya logout. :D. Akan tetapi sangat disarankan untuk menggunakan versi 1 untuk mendaftar. Karena ada fitur tracking NTPN. Jika anda sudah mendaftar versi 1, username dan pin bisa langsung digunakan ke versi 2.

3. Membuat SSP dengan Platform Versi 2.


Nah jika anda tidak mau ribet dengan kerumitan versi 1, dan tidak butuh fitur ntpn tracking (yang penting rapi dalam hal administrasi). Maka anda bisa langsung register di versi 2. buka sse.pajak.go.id, lalu pilih ebilling pajak versi 2. atau langsung ke alamat di sse3.pajak.go.id. Berikut adalah tampilannya.

Jika sudah punya akun versi 1, langsung login saja, jika belum, klik Belum Punya Akun. Lalu isikan npwp, email, dan pin yang anda mau. (klo versi 1 ditentukan sistem, versi 2 ini bisa diset sendiri). isi captcha, lalu klik daftar.

Cek email, klik link verifikasi, kemudian login.(disini tidak seperti versi 1, aman dari fitur logoutnya). Berikut halaman dashboardnya.


Klik pada menu hijau / ISI SSE, nanti akan muncul formulir seperti berikut:


Isikan semuanya, untuk kode jenis STP, nanti menu No Ketetapan akan muncul sendiri.

Termasuk juga untuk PPH 4 ayat 2 final 402 pengalihan tanah dan bangunan, akan ada form tambahan.
Ya pokoknya isikan saja sesuai data, nanti form akan mengikuti. Untuk uraian, silahkan di isi jika di rasa perlu (misal pembayaran pajak untuk apa, untuk invoice apa, dsb) dan umumnya di kosongkan saja. Jika sudah klik simpan. Akan ada jendela popup klik Ya.


Jika sukses akan muncul popup lagi seperti berikut:

Klik OK, kemudian, klik kodebilling:


Pastikan popup muncul seperti berikut:

Jika tidak ada kendala server, terus diulang klik kode billingnya. Jika sudah OK. Selanjutnya adalah klik Cetak Kode Billing.

Nanti SSP akan muncul di tab baru, silahkan bisa dicetak langsung, atau bisa diunduh sebagai file pdf, jika anda menggunakan chrome, silahkan klik tombol tanda panah kebawah.Yang ada disebelah kanan atas halaman dari pdfnya.
Berikut adalah contoh SSP yang sudah jadi.

Cetak, lalu setor ke bank, atau bayar via atm/online banking.

4. Membuat SSP melalui halaman efiling atau djponline.pajak.go.id


Jika anda sudah memiliki akun efiling, maka fitur sse juga sudah tersedia didalamnya.
Klik saja, ebilling, untuk panduan cukup ikuti yang nomor 3, karena sama persis.

5. Membuat SSP melalui layanan pihak ke 3 di Online-Pajak.com

Selain layanan resmi diatas, ada alternatif lain yaitu menggunakan Jasa layanan pihak ke3, salah satunya adalah Online-Pajak.com, disini anda bisa membuat ebilling, efiling, efaktur, dan banyak fitur lainnya. Tapi disini saya hanya membahas dari fitur ebillingnya saja. Oke lanjut, buka situsnya : Online-Pajak.com, lalu klik Sign in.

Lalu klik, daftar di sini, dibawah tombol masuk.
Isikan Email, password, dan telpon:
Maka anda langsung masuk dashboard online pajak, lalu klik "+ Tambah Wajib Pajak", isikan tujuan anda, kemudian isikan NPWP.

Jika sudah lanjut, isikan profil:
Lalu klik simpan sampai muncul registrasi NPWP anda berhasil:

Selanjutnya anda bisa langsung menggunakan fitur yang ada, dalah hal ini, silahkan pilih e-Billing dan Pajak Pay.

Untuk PPh21 masa, PPN masa, PPh 23 masa sewa, dan PPh Final 420 1%, bisa langsung buat langsung. Cukup pilih masa pajak. lalu klik tambah.

Lalu pilih, pajak yang diinginkan. misal pph 21:
Isikan jumlahnya lalu klik buat. Selesai, deh, idbilling langsung terlist di daftar. Klik refresh di browser jika idbilling belum bisa di download.

Klik idbilling:
Nanti akan muncul seperti berikut:
Nah disitu ada menu unduh PDF atau Bayar dengan Pajak Pay, khusus untuk pajak pay mungkin dilain waktu akan saya coba, tapi intinya dengan pajak pay, kita mendepositkan dan kita di online-pajak.com, dan jika bayar pajak, langsung "pencet" Bayar dengan pajak pay, dan selesai. Bukti bayar bisa dicetak sendiri. Oke skip, untuk mencetak pdf, klik unduh pdf.


Klik Unduh PDF, maka langsung menuju ke halaman save as PDF:

Klik Save, berikut adalah tampilan SSPnya, sedikit lebih "good looking" : D

Nah cetak, setorkan ke Bank, atau melalui atm atau online banking.

6. Cara Buat idbilling SSP via POS, BANK, KRING PAJAK, dan SMS

Ada alternatif lain, selain yang saya rekomendasikan diatas, yaitu via kring pajak, SMS, POS atau Bank. Namun tetap yang paling mudah berdasarkan pengalaman adalah ke 5 langkah diatas. Untuk SMS, POS / Bank karena belum pernah mencobanya jadi tidak saya tuliskan disini. Silahkan share dikomentar jika ada yang pernah menggunakan pembuatan SSP via kring pajak, SMS, POS/Bank, nanti saya akan update disini.

Cara membayar idBilling SSP/SSE


Nah semua langkah pendaftaran dan pembuatan diatas sudah, maka langkah selanjutnya adalah pembayaran. Berikut adalah pembayaran berdasarkan pengalaman admin blog sendiri.

1. Di Bank
Cetak idbilling, ambil antrian di bank, serahkan saja dana dan lembar idbilling, tinggal tunggu dan ikuti saja petunjuk teller. Jika sudah selesai. Anda akan dapat bukti bayar.

2. Di ATM
Yang pernah saya coba adalah di ATM BRI, BCA. Silahkan cari menu pembayaran, cari pembayaran pajak/pajak billing/MPN G2. Isikan kode billing, lalu bayar. Bukti bayar berupa struk kecil, mudah hilang, langsung di fotokopi agar aman.

3. Online Banking
Saya hanya mencoba di klikbca individual. Buka Pembayaran, lalu pilih pajak, ganti jenis pajak dengan Penerimaan negara.
isikin idbilling kemudian lanjutkan dan bayar.

Selesai deh, bukti bayar silahkan anda gunakan untuk pelaporan pajak. Jika ada kesulitan atau pertanyaan mengenai SSP silahkan tanyakan saja di komentar. Tapi klo masalah server down, jangan ditanyakan ke saya ya. Biasakan jangan mepet membuat ssp diakhir deadline. Karena banyak sesuatu yang tidak terduga. Saya sudah mengalami soalnya bikin frustasi dan berakhir denda.... :D :D :D :D

Ok itu aja semoga bermanfaat, Wassalamualaikum. Warohmatulohi Wabarokatuh.. :D
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

3 komentar:

  1. saya sudah daftar baru ssp elektronik namun belum ada email masuk untuk validasi akun. saya coba daftar lagi tertera user id sudah ada. email yang saya berikan sudah benar dan masih aktif kenapa belum dapat balasan validasi akunnya yah..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek di folder spam... atau pas re register ternyata user id sudah ada, coba reset password saja.

      tapi jika waktu pertama kali register tertera info user id sudah ada, berarti sebelumnya sudah ada yang buat...

      atau kalau mau coba sse2.pajak.go.id, hanya saja butuh pendaftaran efin terlebih dahulu... dengan efin mau lupa password lupa email.. bisa direset dengan efin.

      Hapus
  2. dengan adanya sse atau surat setoran elektronik https://goo.gl/KnPcXt jadi lebih memudahkan ya :)

    BalasHapus

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar