Rabu, 19 Maret 2014

Membuat game "memory games" untuk android

Assalamualaikum. Wr.wb. bro/sis, kali ini mau share aplikasi game maker untuk membuat game dengan genre "Link Same Game" atau "Memory Game" untuk android. Game dengan tipe tersebut merupakan game mencocokkan 2 gambar yang sama. Anda diberikan sejumlah gambar, dan masing-masing dicocokan untuk menyelesaikan permainan. Karena game ini membutuhkan ingatan, maka sering disebut "memory games".


Ok langsung saja, softwarenya bisa diunduh disini (windows only):
http://appmk.com/android-link-same-game-maker/index.html

Aplikasi ini berbayar tapi bisa dicoba versi trialnya. Instalasi cukup mudah karena seperti instalasi software windows pada umumnya.

1. Memulai Aplikasi
Jika anda ingin membelinya harganya sekitar 79 dollar, tapi untuk versi trynya juga sudah lumayan full versi kok gak ada fitur yang dilimit, mungkin hanya ada dialog saja bahwa aplikasi ini dibuat dengan  appmk. Untuk memulai klik try saja.


2. Input gambar
Pada awal mula, anda langsung masuk ke menu input gambar, silahkan tambahkan saja gambar-gambar yang ingin anda gunakan dalam permainan.

Untuk opsi:
Horizontal : jumlah gambar horizontal
Vertikal : Jumlah gambar vertikal
The first round duration : waktu permaianan untuk level pertama
Reduce time... : penurunan waktu untuk level selanjutnya (jadi semakin tinggi level waktu semakin cepat).

3. Setting icon, logo, dan background
Untuk tab icon, anda bisa mengganti icon, logo dan background.


Untuk tab timerUI. anda bisa mengganti user interface gambar pada timer UI.

Kemudian button:






Dan dialog skor:

Adbar: anda bisa menambahkan gambar yang bisa ditujukan langsung kesitus anda:


4. Setting Bahasa
Buka tab Language. kemudian translate saja sesuai kebutuhan.





5. Tambahkan sound & musik
Pada tab music, anda dapat mengganti sound / musik sesuai dengan yang anda inginkan. :D




6. Build
Jika sudah langsung saja klik build.


Kemudian buat keystorenya.
ini buat identifikasi kalau pengen upgrade aplikasi di play google.
Klik next saja.


Isikan sesuai dengan data anda.



 Klik next untuk melanjutkan. kemudian isikan keterangan aplikasi:




Jika sudah next, dan Success, aplikasi berhasili dibuat. Selamat mencoba aplikasinya. :D


Notes:
Beberapa kelemahan yang ada dari aplikasi ini antara lain tidak ada tempat untuk berbagi skor/menyimpan skor, jadi tidak ada progress hasil. Namun walau begitu aplikasi ini cocok buat anak-anak untuk melatih kemampuan mengingat.

Good luck. :D
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

4 komentar:

  1. bagamana cara diaplikasikan ke handphonenya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasil apknya langsung kopy ke sdcard. Trus install.

      Hapus
  2. Selalu gagal saat bikin keystore

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah coba di versi windwos yang berbeda?

      Hapus

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar