Selasa, 04 Februari 2014

Cara Install Eclipse untuk Develop Aplikasi Android di Linux (Semua Distro)

Assalamualaikum. Wr.Wb, bro/sis, sudah 2 bulan tidak posting blog. :D, soalnya pas lagi sibuk-sibuknya UAS + kerjaan + Anak.. :D, jadi blog sudah mulai berdebu tanpa artikel segar. :D. Ok langsung saja selama rentang waktu kosong sampai postingan ini dibuat, di isi dengan belajar developing aplikasi android secara otodidak dengan mengambil sumber sana-sini. Ok untuk pertama kali saya akan share tools yang sering digunakan untuk developing aplikasi android. Yaitu Eclipse.


Eclipse sendiri tersedia di sistem operasi Linux, Windows, dan Macintosh. Dalam postingan ini hanya dibahas untuk sistem operasi linux, untuk os lain saya rasa tidak jauh beda. Tinggal download unzip, dan run. :D

OK. Buka ke developer.android.com
spesifiknya kesini:
http://developer.android.com/sdk/index.html


Lihat di tabel ADT Bundle disana ada versi untuk Windows, Mac dan linux, jika anda menggunakan linux 32bit pilih yang 32bit, sedangkan yang 64bit silahkan pilih yang 64 bit. ADT bundle ini adalah versi lengkap dibanding SDK Tools only (tanpa eclipse), (disarankan pilih yang ADT bundle saja) unduhan kurang lebih sebesar ukuran CD.

Jika sudah diunduh ekstrak saja. Lalu cari file eclipse berikut:


Lalu execute eclipse. Nah selesai, eclipse siap digunakan untuk mengembangkan aplikasi android. :D


Berikut contoh User Interfacenya :D






OK itu saja, anda bisa langsung mencoba mendevelop aplikasi android. :D
Eclipse hanya salah satu tools dari sekian banyak tools untuk develop aplikasi android, nanti di lain waktu akan saya share aplikasi lain untuk develop android selain eclipse.

:D
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Posting Komentar

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar