Kamis, 10 Oktober 2013

Cara mengetahui/mengukur kecepatan SD Card / Micro SD di Android

Baru membeli SDcard dan Ingin mengetahui berapa kecepatan membaca dan menulis SD card di android anda? Anda bisa menggunakan software untuk mengukur kecepatan baca/tulis di sdcard anda dengan SD Tools.
Sebelumnya cek dahulu di wiki untuk pembagian kelas sd card. Berdasarkan wiki pembagian kelas sd card bisa di lihat dari speed read & writenya seperti ini (en.wikipedia.org/wiki/Secure_Digital)

Langsung saja sedot aplikasi SD Tools di play store android, search dengan nama "SD Tools". Buatan Veluscek Ales.

Lalu jalankan aplikasi ini, dan UI dari SD Tools adalah seperti berikut.



Langsung saja klik start speed tests, dan sebagai contoh saya menggunakan MicroSD abal-abal. Berikut adalah proses baca/tulisnya.



Dan hasilnya bisa dilihat sebagai berikut:



Cek hasil yang terkecil, hasilnya sdcard abal-abal saya masih masuk class 5,:D, lalu apa efeknya di sdcard class 5 abal-abal ini, buka gallery dan main game kadang masih tersendat-sendat. :D Kurang joss :v

Tools ini berguna untuk mengecek kualitas SDCard yang anda beli, jangan sampai anda beli class10, tapi hasilnya justru class2,3,4.. :)

Semoga berguna.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

1 komentar:

  1. Masa kata abang konter kartu sd cardnya bkn class 10 eh pas di check kecepatan menulis/writing 16 mb koma
    Terus kecepatan membacanya 50 mb koma terus pas aku lihat disini g tau sd card aku masuk kelas 10 :D tapi kok aku coba tes kecepatan memori internal aku sampe 70mb/s lebih kok memori internal lebih cepet ya ngebaca sama nulis ketimbang microsd?

    BalasHapus

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar