Kamis, 24 Oktober 2013

Cara mendeteksi Media Transfer Protocol (MTP) / Android File transfer di sistem operasi Linux

Bagi anda pengguna Linux tentunya akan sedikit bermasalah jika menggunakan Media Transfer Protocol atau MTP di Android. Karena secara default, Sistem operasi linux tidak secara otomatis mendeteksi keberadaan MTP di device yang menggunakan fitur tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut anda cukup install software bernama "libmtp".


Silahkan install sesuai dengan distro favorit anda masing-masing, package yang di install adalah "libmtp", search saja di google dengan nama distro favorit anda untuk memudahkan mencari package yang dibutuhkan. Kalau di distro favorit saya "archlinux" cukup dengan perintah 

$sudo pacman -S libmtp

Selesai instalasi tools MTP.

Cara penggunaan.
1. Colok HP ke PC via USB
2. Buka terminal lalu ketikan perintah
$mtp-detect
Dalam contoh ini Sony Erricson ST15i Android 4.3, terdeteksi seperti berikut:

3. Nah selanjutnya ketikan perintah
$mtp-connect
Jika sudah muncul seperti ini maka sudah siap untuk dikoneksikan.

Nah selesai, selanjutnya anda bisa menggunakan tools aplikasi yang bisa mendeteksi MTP seperti gphoto2, gmtp, gvfs-mtp, dan sebagainya atau biar dikira "geek"pakai terminal saja.. :lol:

Berikut adalah contoh menggunakan gmtp.


Nah selesai. Namun ada sedikit FAQ nih:

A : Pertanyaannya kenapa tidak menggunakan mode USB storage seperti biasa?
B :Jawabannya jika pakai USB storage biasa tentunya SD Card akan di copot/lepas di android anda.

A : Kan tidak masalah.
B : Ya iya kalau urusannya sama sd card saja, jika urusannya dengan system android (tweak, script, backup) dengan mode storage akan bolak balik mount sdcard. Pastinya pegel linux donk.. :v :v :v

A : MTP Gak kedetek, Storage tidak muncul sama sekali, gimana donk solusinya.
B : Jika memang begitu kondisinya, coba trik ini:

Buka Settings. Lalu pilih Storage :


Lalu Tekan tombol Menu, nanti akan muncul opsi USB Computer Connection seperti dibawah ini:


Tap saja pada USB Computer Connection:


Nah itu ada opsi "Mass Storage", tinggal centang maka selanjutnya setiap koneksi ke PC di sistem operasi linux anda udah otomatis akan muncul opsi seperti ini:


Nah itu saja mengenai masalah MTP di sistem operasi linux.
Semoga berguna.
:D
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

18 komentar:

  1. gan yang di maksud terminal itu apa ya.. gak tau nich...

    BalasHapus
  2. Ya buat ngetik2 perintah teks,dll. Nama lainnya Konsole, shell, atau kalau diwindows command line. Di android jg ada terminal emulator.... Atau klo pernah pegang komputer tahun 1994an pasti kenal dos... :D

    BalasHapus
  3. Saya pake android versi 4.4.2
    Saya cari settingan seperti di atas gak nemu... mohon bantuannya donk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. di 4.4.4 versi AOSP di menu penyimpanan, terus tekan menu, nanti muncul USB Connection, disitu ada kok. klo gak ada berarrti fiturnya dilimit dari vendornya

      Hapus
  4. kok saya gak ada pilihan mass storagenya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak semuanya ada fitur mass storage, di gal nex saya juga gak ada mass storage cuma MTP aja.. :D

      Hapus
    2. Jadi solusinya bagaimana, Gan?

      Hapus
    3. klo hp android terkini sepertinya mass storage banyak yang ditiadakan ya jadi gak ada solusinya.. :D

      Hapus
  5. kalau untuk hp java om kaya w660

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://dib058.wordpress.com/2008/07/04/gnulinux-dan-sony-ericsson-w660i/ cek aja disitu mungkin sama.. :)

      Hapus
  6. maksud tekan menu disini, yang mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tombol Menu Fisik , klo disamsung sebelah kiri, di sony sebelah kanan, klo yang gak ada tombol fisik kanan atas..

      Hapus
  7. kalau mtp-detect nya eror gimana dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal upgrade aja system linuxnya ke yg:D terbaru...

      Hapus
    2. Maksud nya dengan perintah "sudo pacman -Syu/sudo pacman -Syyu"?

      Hapus
    3. Syu aja... Di arch saya masih bisa.. :D auto detect via pcmanfm

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. kalo gaada memory nya emang gaakan bisa??

    BalasHapus

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar