Rabu, 09 Oktober 2013

Cara Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card dengan Link2SD

Link2SD adalah tools untuk memindahkan aplikasi android dari Internal Storage ke SDCard. Tools ini dapat memindahkan sebagian (tanpa partisi ext4) dan juga full (menggunakan partisi ext4).


Aplikasi ini dapat di unduh di android playstore. Dan device android anda wajib telah di root.
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.buak.Link2SD

Setelah terinstall jalankan aplikasi Link2SD. Seperti inilah tampilan defaultnya di HH android.





Misalkan anda ingin memindahkan aplikasi android, dalam contoh ini beach buggy blitz. Tap saja pada aplikasi tersebut. Nanti akan muncul tampilan seperti berikut.


Nah ada tombol untuk memindahkan aplikasi android ke SDCard "Pindah ke SD Card", tap saja. Nanti akan ada notifikasi untuk memindahkan aplikasi android. Pilih OK saja.


Kemudian tunggu hingga aplikasi android berpindah. Jika sudah sukses. Tap Ok. Maka aplikasi android sudah pindah ke SD card.




Selesai? Eit, nanti dulu, cara diatas hanya akan memindahkan sebagian atau beberapa bagian saja dari suatu aplikasi android, tetapi sudah lumayan untuk melegakan internal storage. Namun jika terasa masih sempit atau kurang lega, solusi ke 2 adalah membuat partisi untuk sdcard, langkah-langkahnya ada di postingan sebelum ini tentang cara membuat partisi ext3/ext4 di SDCard.

Catatan:
Aplikasi Sistem, Launcher, Widget disarankan jangan dipindahkan ke SDCard, karena akan menyebabkan sistem android menjadi tidak stabil. :D

Ok Bro/Sis Itu saja semoga berguna.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

0 komentar:

Posting Komentar

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar