Senin, 16 September 2013

Smart Launcher : Launcher Ringan Ala Ubuntu Unity

Siang bro/sis, kali ini saya mau share tentang Launcher "Smart Launcher", smart launcher ini adalah alternatif launcher untuk android. Mendukung sistem operasi Gingerbread dan diatasnya. Launcher ini merupakan launcher favorit saya. Karena ada fitur pengkategoriannya jadi mudah jika ingin mencari aplikasi yang diinginkan.
Launcher ini sangat ringan dan memiliki user interface ala Ubuntu Unity.

Aplikasi ini tersedia di market "Smart Launcher" Buatan ginlemon. Versi freenya ada fitur yang dibatasi yaitu tidak bisa menambah widget di Home.

Berikut adalah tampilan Launcher dari Smart Launcher, User interfacenya hanya terdiri dari Jam (bisa tidak ditampilkan), bubble (ada 2 tipe line dan flower) digambar dibawah ini bubblenya adalah tipe line, sedangkan tipe flower bubble2nya membentuk lingkaran menyerupai bunga.


Dan jika menekan tombol menu maka inilah tampilannya yang menyerupai ubuntu unity.





Nah sudah otomatis terkategorisasi kan aplikasi-aplikasinya, jika tidak sesuai anda bisa tap hold & drag ke kategori lain. Nah untuk kustomisasi bisa lanjut baca di paragraf dibawah.

Kustomisasi
1. Menghilangkan Jam.
Tekan menu, lalu pilih preferences, lalu lihat menu themes, jangan disentuh dulu, disampingnya ada tombol setting (disebelah kanan menu themes), pilih disitu. Lalu pilih clock style. Pilih yang None.

2. Memindahkan menu/panel ke sebelah kanan.
Buka menu, pilih preferences, lalu pilih settings, lalu centang saja Left Handed, maka tampilan menu/panel akan berada disebelah kanan.

3. Mengatur bubble dan style bubble
Untuk mengganti bentuk bubble buka preferences, themes settings (tap sebelah kanan), Lalu pilih QuicStart Layout. Anda bisa memilih Line atau bubble. Untuk flower tampilannya seperti ini:






Lalu untuk mengganti style bisa pilih Bubbles:style.



Selebihnya, background color, dan tema icon bisa anda set sendiri.

4. Menambah tema.
Tema default jika terasa kurang, anda bisa menambahkan tema-tema lain dari play store, cukup search saja "smart launcher theme" maka nanti akan muncul tema-tema yang tersedia untuk smart launcher, hanya saja beberapa tidak disediakan secara gratis.

Berikut adalah beberapa tema yang bisa diunduh secara gratis.

Ubuntu Faenza

BB 10 Smart

Iphone 5S Smart

MIUI

ICS/JB Theme
Untuk Icon & bubble bisa diganti-ganti sendiri tanpa harus mengikuti tema utama. Jadi misal temanya ICS/JB, iconnya bisa pakai tema BB 10. Dan sebagainya. :D

Ok bro/sis. Itu saja tentang Smart Launcher.
Semoga berguna.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

0 komentar:

Posting Komentar

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar