Senin, 16 September 2013

Cara menghapus aplikasi system di android (Rooted User Only)

Bagi anda pengguna ponsel / tablet android branded seperti samsung, sony, dan lain sebagainya, biasanya di dalam sistem androidnya ditanamkan aplikasi-aplikasi dari pabrikan. Dan bagi beberapa orang mungkin aplikasi-aplikasi tersebut tidak selalu dibutuhkan. Daripada memenuhi internal disk storage. Ada baiknya dihapus saja.
Kali ini androidbro menggunakan aplikasi ES File Explorer untuk menghapus aplikasi system, karena mudah tinggal tap - tap saja, dan bisa langsung dibackup juga. Untuk fitur ini ponsel/ tablet android anda wajib sudah di "root". Bagi yang tidak tahu harus menghapus aplikasi system yang mana, maka wajib untuk membuat backupan rom via CWM Recovery. Karena jika asal-asalan menghapus aplikasi system bisa beresiko gagal booting(bootloop), ataupun system error.

Ok Langsung Saja Install aplikasi ES File Explorer di play store. Ambil yang versi terbaru bukan yang versi untuk donut/eclair. Jika sudah jalankan ES File Explorer.





Tekan tombol menu, atau tap pada icon sebelah kiri atas. Lalu pilih peralatan, lalu hidupkan Penjelajah Root (Root Explorer). Nanti aplikasi super user akan muncul untuk mengizinkan proses ini.


Nanti akan muncul popup menu, pilih Pasang R/W.


Kemudian Set menjadi RW (Read Write) seperti gambar dibawah ini:




Jika sudah, buka menu kembali lalu pilih App manager (Pengelolaan aplikasi). Nah secara default akan tampil aplikasi-aplikasi dari pengguna.




Tap saja pada menu aplikasi pengguna, lalu nanti akan muncul seperti ini:

Pilih aplikasi sistem, maka akan terlist aplikasi-aplikasi yang terinstall di system android.





Nah silahkan tentukan aplikasi-aplikasi apa saja yang ingin dihapus, ingat tidak semuanya boleh dihapus. Hapus yang menurut anda merupakan aplikasi pihak ke 3 dari pabrikan seperti office, sosial media, market bawaan pabrikan, dan semacamnya. Sebagai contoh saya ingin menghapus OfficeSuite. Cukup di tap dan tahan pada office suite, maka akan muncul menu untuk uninstall (copot) dan backup.


Jika dibackups maka aplikasi akan terbackup di /sdcard/backups/apps, Jika sudah di uninstall (copot) maka aplikasi sudah hilang dari system. Nah berikut hasilnya:




Hasil backupan tadi bisa diinstall sebagai aplikasi biasa. :D, Nah selesai, semoga berguna.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

1 komentar:

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar