Jumat, 20 September 2013

Cara Backup & Restore SMS di Android

Sampai dengan versi jellybean 4.3 ini, secara default android belum memiliki fitur backup untuk pesan SMS secara native. Tentunya jika melakukan reset ulang ataupun ganti handphone, SMS yang ada akan hilang jika tidak dibackup. Untuk mengatasinya saya menggunakan software SMS Backup & Restore buatan Ritesh Sahu yang dapat diunduh di Play Store.
Software ini dapat membackup SMS yang ada di android secara offline tanpa harus terhubung ke internet.





Berikut adalah fitur-fitur yang ada pada aplikasi ini:




Aplikasi ini memiliki fitur backup, restore, melihat isi pesan, mencari pesan, menghapus backups, dan menghapus pesan. Untuk membackup tap saja menu backup. Nanti akan muncul pilihan untuk menyimpan.




Nah untuk menu untuk menyimpan saya sarankan agar disimpan di Custom Folder dan diletakkan di SDCard, agar lebih mudah jika suatu saat mengganti HH android ataupun mereset android. Jika sudah tap OK, maka SMS akan terbackup dengan extensi xml.

Lalu untuk merestore kembali. Tap restore. Lalu pilih file xml kemudian ok.


Nah SMS sudah kembali seperti sedia kala, namun jika anda ingin memilah-milah mana yang mau di restore atau menghapus pesan yang tidak ingin direstore, tap pada menu view. Pilih xml file, nanti akan muncul list pesan yang ada. Nah anda bisa menghapus SMS yang tidak anda inginkan.




Jika anda memiliki banyak pesan, dan sulit mencari pesan yang diinginkan, ada fitur search untuk memudahkan mencari pesan. Tap saja pada menu search, lalu input kata kunci pesan yang diharapkan untuk ditemukan. Misal dalam contoh ini " Joss".




Lalu centang file XML yang diinginkan, lalu tap icon search. Nanti hasil yang diharapkan akan muncul dalam list.


Nah selanjutnya silahkan pesan tersebut mau dilihat-lihat, direstore, ataupun didelete. :D

OK itu saja tentang cara backup & restore SMS di android. 
Semoga berguna bro/sis.
:)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

0 komentar:

Posting Komentar

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar