Jumat, 19 Juli 2013

Masalah Android Brick dan Berbagai macam Solusinya

Sore bro & sis, Sudah lama tidak posting, hehe. Gimana puasanya masih kuat kan. Oke kali ini saya mau share tentang masalah Android Brick dan berbagai macam solusinya. Kebetulan saya sendiri sudah mengalami hal itu berkali-kali, dari soft hingga hard brick alias benar-benar menjadi bata (tidak bisa boot, tidak bisa dices, dan tidak terdeteksi di pc).



Oke langsung saja,  berikut adalah berbagai macam masalah brick

1. Layar hanya berputar di logo saja.
Itu istilahnya "bootloop", masih dalam kategori soft brick, penyebabnya bisa karena menghapus file system, root yang salah, install aplikasi yang salah atau mengandung malware, melakukan tweaking yang salah, mengganti font. Untuk masalah ini anda tidak perlu khawatir, ini bisa diselesaikan sendiri tanpa harus ke service center. Solusinya bisa flash ulang, reset phone (jika memang belum pernah di root), atau install ulang firmware saja.

Tapi bagi rooted user, CWM adalah solusi yang terbaik, karena jika terjadi bootloop, cukup restore backupannya dan semua kembali seperti hasil backup (termasuk semua aplikasi, dan data).

2. Hanya berhenti di boot start, atau layar gelap, namun masih bisa terdeteksi oleh PC.
Ini bisa hardbrick atau softbrick. Penyebabnya macam-macam, tapi mayoritas sudah terlalu jauh oprek systemnya. Jika devicenya tersedia aplikasi untuk unbrick, ini masih termasuk soft brick anda cukup gunakan software unbrick (nama aplikasi berbeda2 tergantung developernya) dan bisa dilakukan sendiri. Namun jika tidak ada software sama sekali maka akan masuk kategori hardbrick dan solusinya hanya tukang service center saja yang tahu.

3. Mati total, Dead Boot, tidak terdeteksi di PC.
Nah ini saya sudah dua kali mengalami ini, satu karena flash sesuatu ke bootloader pada andromax-i, yang menyebabkan handset seperti rusak berat. tidak terdeteksi sama sekali. Yang kedua nexus s, pada saat proses cwm saya coba cabut baterai paksa, hasilnya mungkin bootloader corrupt, jadi nasibnya sama seperti max-i. Jadi penyebab dead boot atau mati total (jika bukan karena masalah hardware) itu karena utak-atik diarea bootloader atau permasalahan flashing firmware jika terjadi interupsi.



Solusinya adalah dengan Riff/JTAG sebuah alat untuk memperbaiki berbagai jenis handphone, tentu saja harganya sangat mahal, sekitar 900.000an keatas. Tapi kita tidak wajib membeli alat itu, cukup datang ke tempat service yang menangani Riff/JTAG khusus handset yang mati di area bootloadernya. Pengalaman saya memperbaiki handset yang mati total, andromaxi di Service center, biaya hanya 1000 rupiah (tukang parkir) karena masih garansi. Lalu untuk nexus s di tempat service umum, waktu itu sempat nanya sekitar 200ribuan.

4. Unbrickable Device
Nah ini mungkin istilah yang jarang, ada juga handset yang sangat sulit dibuat brick, disebut dengan unbrickable, contoh di device ini yang pernah saya tes adalah ainol novo 7 aurora, dan onda vx580w (semua chipsetnya allwinner) semuanya saya buat hardbrick (gak bisa dicas, ataupun hidup). Tapi tetap di PC masih bisa dilakukan flashing. Mau dirusak berkali-kali itu systemnya tetap bisa diflash. Nah untuk device ini sangat cocok untuk para developer yang mau mengembangkan software atau yang lainnya karena tidak perlu pusing-pusing lagi mikirin hard brick.



Nah itu saja kira-kira permasalahan android brick menurut pemahaman saya. Jika ada yang salah koreksi saja. Semoga berguna. :) Met puasa.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

47 komentar:

  1. terimakasih infonya ini sangat mencerahkan saya...andromex i saya matot ada 2 semua matot gara-gara sepele memindah foto yang ada di memory internal ke pc tiba2 di tengah jalan macet saya pun paksa cabot usb dan hh kok langsung mati saya blum panik setelah saya pencet tombol on/off dan akhir nya..hehehe ke ta wa mati sudah ne hh,,,seterusnya masih cinta andromex i saya beli lagi saya iseng masukin game yg agak berat eehh kapasitas ram kurang ehh dan akhirnya coba-coba iseng lagi menambah ram tp yg saya potong memory internalnya,pake mini toolparttiion,,hahaha saya pikir jadi sudah,,,saya restart tu hh...huuuaaaaaaaaaaaa...saya menyesal mas....di on/off gak hidup...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip infonya mas bro.. klo saya yg paling melas lagi flashing cwm... kerebut anak... xixixixi... hang. tak cabut paksa batere dr kondisi masih dicwm. malah mati total pas mo dihidupin, gak ada respon apa2.. :(

      Hapus
  2. gan kalon masalah ane gini,kan ane udah root android ane.
    nah ane iseng nih ngutak-ngatik android di CWM.
    trs entah kenapa pas ane reboot system itu dia malah masuk ke mode fastboot dan gak bisa di apa-apain..

    nah kan ane coba lepas batre tuh..ane coba masuk ke recovery mode,ehh bisa..
    tp pas ane reboot system lagi,malah muncul fastboot mode lagi.
    itu gimana ya gan??
    tolong bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung HHnya gan. klo support install cwm via stok recovery. bisa direstore via cwm, klo support flash firmware via fastboot bisa langsung restore pakai fastboot flash. klo hhnya sony, unlock bl lalu flash kernel yg include cwm trus flash via cwm. atau bisa pakai flashing software (tergantung chipset). :)

      Hapus
  3. Hp saya Andomax i cuma nyala garis warna warni, ga ada logo yg muncul cuma garis aja, bagaimana solusinya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo logo smartfren pas waktu nyala. Firmware korup. Tp klo logo jg warna warni kemungkinan harus kudu ganti lcd. Kbtulan tablet saya jg lg warna warni layarnya. Konektorny retak.

      Hapus
  4. Gan minta bantuannya dong..
    Tablet smartfren 7 ane tiba tiba ngehang, bisa di cas, cuma di hidupin gk bisa, udah nyoba di tken tmbol reset nya cuman gk trjdi apa apa.
    Sbelumnya emang udah prnah di root gan.
    Pas awal kejadian ane lagi maen game, tiba 2 mati, trus pas dihidupin logo smartfren nya ada trus lama lama redup n mati lagi.
    Pas dinyalain lagi cuma logo nya aja trus langsung mati, pas yang ketiga kalinya baru gk bisa nyala gan
    Mohon banget bantuannya ;(

    BalasHapus
  5. saya mau tanya dong..
    jadi sy pke hh smartfren andromax c jb..
    setelah saya root + instal cwm, saya otak-atik custom ROM,,
    trus pas sy restart cuma bisa masuk logo..
    gk bisa masuk fastboot, recovery, test mode, cuma bisa dipencet pow + vol up + vol down lalu keluarnya fastboot upgrade found..
    nah itu solusinya gimana ya?
    mohon bantuannya
    thanks

    BalasHapus
  6. Gan kasus nexus s saya sama dengan kasusnya agan yg ngebrick + ga kedetek di komputer. saya curiga bootloadernya mati, jadi klo saya ke tempat service laporan ke teknisinya gimana?

    BalasHapus
  7. @ibnu, itu softwarenya sedikit korup, coba di reflash ulang saja.
    @Andri, coba pastikan kedetek di pc tidak.. :D, klo masih, masih bisa di flash ulang, coba main ke grup andromax c nya saja..di kaskus atau fb banyak kok dokumentasinya.

    @niZ86, via whatsapan tdi.. :d, semoga masih bisa hidup

    BalasHapus
  8. gan ,sy punya lenovo s920 bermasalah pada bluetooth yg tidak bisa hidup..bagaimana solusinya ych??

    BalasHapus
  9. Gan, lg optimus L9 ane bluetoothnya ga bisa di turn on. Pas coba turn on muncul tulisan TURNING ON BLUETOOTH, tapi beberapa detik kemudian balik lagi status bluetoothnya masi off. Uda coba restart, cabut batere, external memory, cabut kartu, factory reset. Tetep ga bisa.
    Mhon pencerahannya.

    BalasHapus
  10. @dna15, @anakmuda. kemungkinan ada 3:
    1. Coba restart, factory reset. masih belum hidup, lanjut ke bawah.
    2. File permission di /system/vendor/lib/ contohnya: libbt-vendor.so, file permision harusnya rw r r, cek saja dulu disitu, klo belum rw r r, ganti dengan es file explorer, nama librari bluetooth tergantung merk, coba dicari2 saja dulu. klo permission udah ok. lanjut kebawah.
    3. Install ulang firmwarenya. klo masih gak bisa hidup bluetoothnya
    4. Bawa ke service center aja. :D atau sebelum ke service center coba2 custom rom dulu (kalau ada).. :)

    BalasHapus
  11. klu hp tak dpt detek komputer,mcm mana nak flash firmware?s advance mati total(hard brick)..saat nak upgrade firmware,hp tiba2 mati,pecet tombol power,pun tk bisa on..mohon bantuan..

    BalasHapus
  12. @jackkk

    kalau s advance tidak detek di komputer kemungkinan dead boot
    DeadBoot -> masih bisa diperbaiki, cari saja tempat service yang mendukung JTAG/RIFF.
    referensi alat:
    http://www.youtube.com/watch?v=TqunU02MzZE

    Kalau yang bermasalah motherboard/ic emmc, sepertinya sudah sulit untuk diperbaiki, kemungkinan besar harus ganti motherboard.

    :)

    BalasHapus
  13. gan andromax u le saya hardbrick gak kedetect sama sekali di pc . biasanya terbaca portnya. apa harus pakai jtag ?

    BalasHapus
  14. Mas maaf ya, HH saya sudah dihidupin dan masuk recovery tapi cuma keluar logo robot ijo doang, juga ga kedetek di kompi. ada solusinya ?
    yang saya ingat sebelumnya tanpa sengaja kehapus file emmc, Ato bisa info tempat perbaikan yg bisa dihubungi/ato mas sendiri yg bantu saya ?, kalo ga keberatan di balas disini ato email saya mas,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas bro, jarang ol... :D ada fitur fastboot? Klo ada bisa restore via fastboot. (Asal sudah unlock)

      Hapus
  15. gan klo kedetec ke PC tapi masi matot itu kenapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Systemnya mungkin ada yg kena hapus

      Hapus
  16. halo siapa yang punya thread ini? bisakah saya meminta whatsappnya? saya ingin konsultasi. hape google nexus saya ntah kenapa sekarang hanya stuck di logo X saja. sebelum ini terjadi sempat seharian hape ngerestart sendiri dan pada akhirnya karena habis batere dia mati. tapi sekarang tidak pernah hidup lagi. saya sudah melakukan wipe cache partition dan recovery boot tapi tetap tidak bisa? pilihan terakhir adalah factory reset yang belum saya coba. nah permasalahannya saya tidak berani mengambil opsi ini karena ada data yang belum saya backup. saya coba konek ke pc/mac tidak bisa, karena sepertinya hardware usb saya bermasalah ntah kenapa. saya coba ke samsung service center mereka beribet sekali dan ga bisa menerima hape saya karena bukan produk indonesia. TOLONG!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bisa dicharger? Bisa masuk fastboot (vol up + power)? Kondisi sudah unlock?
      Klo udah.
      1. Install clockworkmod (cwm)
      2. Backup system
      3. Wipe cache/data factory reset.
      4. Wipe dalvix cache.
      5. Reboot

      Btw klo hanya factory reset ,data di storage gak hilang (foto,musik,dokumen,dll) . yg hilang paling kontak dan kotak pesan atau data aplikasi yg kesimpan disistem saja.
      (Pengalaman waktu pk nexus s dan galaxy nexus dulu)

      Btw nexus seri apa i9020 atau galnex?

      Hapus
    2. Min monta tolong, hh saya cuma mentok di logo, kl tekan tombol power+tombol bawah cuma masuk "welcome to fastboot" trus gak ada perubahan, di pc blm kedetek mungkin ada sofware yg di pc ya min,mohon dibantu solusinya

      Hapus
    3. kejadian saya hampir sama seperti @hillmanzahni. saya makai samsung galaxy tab 2 p5100. tab suka restart2 terus, masih bisa masuk fastboot, masih bisa di charger tapi saya belum berani buat factory reset krn takut datanya hilang, tapi jawaban dari @cidlinux kalo factory reset data2 di file tidak akan hilang. setelah factory reset, bisakah tab saya kembali restart2 sendiri lagi? lalu untuk apa instal cmw kalo data di storage/memori internal tidak hilang? mohon bantuannya~

      Hapus
  17. Balasan
    1. langsung main ke grup max - i new aja bang.. :D

      Hapus
  18. min, klo hh saya mati total ga terditeksi pc ,sosulinya gmana

    BalasHapus
    Balasan
    1. bawa ke service center om... klo gak mau pusing2 bongkar2 hp.. :D

      Hapus
  19. caranya masih kurang jelas bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini cuma general bos, biar tahu langkah apa selanjutnya yang dilakukan... :D, misal udah tahu klo ternyata cuma salah flash, kan gak perlu ke service center.. :), tinggal cari ke group/lounge2 yang sesuai dengan tipe HP di kaskus / forum/ fb :)

      Hapus
  20. agan yang baik hati, hp sya sony x8, sya mncba unlockbootlder ttp gagal,stelah saya flas ulang, sinyal hp nya menjadi tidak ada?
    saya sudah pke flastool, sony pcc,dll, ttp gk bsa gan?
    bagaimana cara nya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://blog.cidcidcuid.com/2013/09/cara-unlock-bootloader-xperia-mini.html
      coba liat post itu.. :D, sony metode unlocknya hampir sama semua device

      Hapus
  21. gan max i ngak mati total masih bisa masuk recovery,kalo di idupin mentok di logo samsung galaxy(soalnya dulu rom nya SG S4) tp kog ngak kedetek di pc ya trus mau tak flash langsung dari HH juga gagal terus,,,,,,,mohon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kayak galnex ane... solusinya coba di wipe all dulu / reset factory.
      klo masih berarti masalahnya ada di system. kudu di flash ulang.. klo diflash gagal coba download rom yang lain. kemungkinan zipnya corrupt

      Hapus
  22. gan max u le ane matot tp di konek ke pc detek tp detek nya usb device not rocognize itu knpa ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah mampir kesini belum gan:
      http://sugengaryadi.blogspot.com/2013/12/memperbaiki-andromax-u-le-yang-brick.html

      Hapus
  23. help

    gan saya punya masalah gara2 keseringan custom rom, terakhir hh klo dihidupin hanya keluar garis warna warni ngk ada tulisan atau gambar.
    setelah hh ane balikin ke rom bawaan tak ada hasil.
    minta solusinya gan hh ane galnot 3
    thanks gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo dibalikin ke stok layar warna-warni, kayaknya kena lcdnya gan.. :D,

      Hapus
  24. gan punya ane andromax i2 mati gara gara ganti splashscreen
    ada solusi enggak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kudu di bawa ke service center... , soalnya dah pernah saya kayak gitu, mati total gara-gara flash splashscreen..., mati dan tidak terdetek... :)

      Hapus
  25. gan smartfren G saya cuma bisa hidup batas logo andromax aja sudah itu mati lagi dan muncul lagi logo andromax nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba wipe data/factory reset... resiko data hilang saja..(yang internal storage)..,

      atau

      kalau sudah pakai cwm.. coba di wipe cache dulu.. klo masih juga ya terpaksa factory reset.

      Hapus
  26. gan numpang nanya, hh saya udh di update system, tapi pas di reboot malah standby di logo andromax. mohon pencerahan nya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba wipe data/factory reset... resiko data hilang saja..(yang internal storage)..,

      atau

      kalau sudah pakai cwm.. coba di wipe cache dulu.. klo masih juga ya terpaksa factory reset.

      Hapus
  27. gan saya mau nanya, tolong dijawab ya
    saya punya andromax u, udah 3 hari ini hape saya jadi aneh, sering mati sendiri dan susah buat dinyalain lagi. setiap di charge baterenya, yg muncul malah led berubah jadi warna bir atau merah kadang sambil berkedip2 lednya. saya bingung harus digimanain lagi. kira2 ada solusi atau penyebabbya gak ya ? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Led biru : biasanya full charge, Led merah : baterai mau habis, Led kelap kelip ada notifikasi masuk. coba install autokiller memory.. set menjadi aggresive (tapi musti root), mungkin background aplikasinya kebanyakan..,

      atau klau sering mati terus susah nyala baterainya kemungkinan bocor mungkin.. :)

      Hapus