Selasa, 05 Maret 2013

Mengenal Istilah-istilah Umum pada Android

Jika anda menggunakan android, tentunya jika ditanya tentang android setidaknya jangan sampai tidak tahu. Berikut adalah istilah-istilah yang umum di dunia android.


Android
Android adalah sebuah sistem operasi untuk kebutuhan mobile baik telepon, notebook, ataupun tablet, pada awalnya android ini berdiri sendiri, kemudian dikembangkan selanjutnya oleh google. Android ini bersifat open source, kecuali aplikasi milik google. Android menggunakan kernel linux untuk menghubungkan antara hardware dan softwarenya.



Firmware / ROM
Adalah sebuah file yang berisi data & filesystem android agar berjalan di sebuah tablet/ponsel. Sifat dari ROM ini yaitu Read Only Memory (hanya bisa dibaca tanpa bisa dimodifikasi langsung). Kecuali anda  memiliki hak akses root/administrator.

Custom ROM
Firmware yang telah dikustomisasi dan dirilis oleh developer pihak ke 3. Biasanya dengan peningkatan kinerja, tweak, overclock, root dan lain sebagainya. Contohnya adalah : Cyanogenmod, Miui, Paranoid, dan lain-lain.



Rooting
Rooting jika diartikan ke indonesia, adalah proses agar bisa masuk sebagai super user atau administrator mode di handset android anda. Sebagai super / user atau administrator tentunya anda bisa melakukan apapun pada android anda sampai kesystem, bahkan sampai membuat rusak handset anda. Istilah root pada dasarnya berasal dari linux. Root itu tingkatan user tertinggi pada sistem operasi linux. Biasanya pada terminal atau shell diberi tanda #, untuk masuk ke super user di terminal dengan perintah su.

Flashing
Flashing adalah proses mentransfer firmware atau patch ke handset android. Biasanya menggunakan recovery, cwm recovery ataupun fastboot.

Recovery
Merupakan stock recovery pada android, yang berisi fitur untuk mengembalikan android ke versi stock awal/reset, dan juga beberapa diantaranya juga memiliki fitur flashing patch dll. Note: tidak semua android memiliki fitur recovery.

CWM Recovery
CWM recovory adalah recovery bawaan cyanogenmod yang memiliki fungsi flashing, backup, dan partisi tools. CWM recovery ini jauh lebih banyak fitur dibanding dengan stock recovery.



ADB
Tools untuk berkomunikasi antar pc dan android. Tersedia melalui android sdk

Fastboot
Perintah untuk melakukan flashing firmware/image ke handset android. tersedia melalui android sdk.

ANDROID SDK
SDK untuk mengembangkan aplikasi android

Brick
Ada dua jenis yaitu 
softbrick, handset tidak bisa boot dikarenakan kerusakan software.
Hardbrick, handset tidak bisa boot dikarenakan kerusakan hardware & atau kehilangan file bootloader pada android.

Itu saja istilah-istilah yang cukup umum di dunia android.

Semoga berguna.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Posting Komentar

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar