Selasa, 05 Maret 2013

Hal-Hal Yang Harus dipersiapkan sebelum menggunakan perangkat Android (ponsel/tablet)

Bagi anda pengguna baru perangkat android dan masih buta tentang android, ada baiknya anda mempersiapkan beberapa hal-hal berikut sebelum mendalami lebih jauh dalam penggunaan perangkat android. Android merupakan sistem operasi berbasis linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti smartphone dan komputer tablet.
Agar anda dapat memaksimalkan fungsi perangkat android berikut adalah hal-hal yang dibutuhkan:

1. Koneksi Internet
Perangkat android dapat berjalan walaupun tanpa internet, namun fungsi-fungsi pintar pada perangkat android akan terbatas. Anda hanya dapat melakukan panggilan telepon dan pesan sms saja serta fitur standar yang ada pada perangkat. Agar dapat lebih memaksimalkan fungsi android anda butuh internet. Silahkan berlangganan internet kepada ISP (Internet Service Provider) yang anda mau, sesuai dengan daerah anda.
2. Membuat akun email (GMAIL)
Karena android merupakan produk dari google, tentunya untuk membuat email harus menggunakan gmail sebagai akun email utama. Berikut adalah langkah langkah membuat email gmail langsung dari perangkat android. Jika anda baru pertama kali membuka perangkat android, maka akan ada wizard otomatis untuk membuat akun gmail.Namun jika anda mengabaikannya, anda tetap bisa membuatnya di menu pengaturan.

Buka "Settings" -> Cari menu terkait dengan "Account" -> Add Account
Pilih akun "Google".
Selanjutnya anda akan masuk ke menu login dari google seperti berikut:

Jika anda sudah memiliki akun google, silahkan login dengan akun google/gmail yang telah anda miliki. Jika belum pilih "Create account". Lalu isikan nama anda. Isikan "First Name" sebagai namai depan, dan "Last Name" sebagai nama tengah dan belakang anda. Jika sudah klik next.
Kemudian isi tanggal lahir dan jenis kelamin anda:
Jika sudah klik next untuk melanjutkan, isi nama email yang anda inginkan.

Klik next untuk melanjutkan, lalu buat password yang anda inginkan.
Kemudian klik next, selanjutnya anda akan diminta untuk menambah nomor telepon. Anda bisa mengisinya atau melewatinya. Tetapi disarankan untuk menambahkannya untuk keamanan yang lebih baik.
Gulir kebawah halaman untuk masuk ataupun melewatinya. Pilih "Yes, I'm in" untuk melanjutkan.

Maka nanti akan secara otomatis terverikasi. Selanjutnya anda bisa membaca "Privacy & Terms" klik "I agree" untuk menyetujui.
Selesai, maka akun google sudah selesai dibuat, klik next untuk login. Maka anda akan diminta akun pembayaran untuk mengakses aplikasi berbayar di Play Store. Silahkan di isi, atau klik "No thanks" jika ingin mengaturnya nanti.

Selanjutnya anda bisa mengakses Play store dan aplikasi google lainnya (gmail, google +, dll)

3. Cara menelpon, menerima telepon, dan memutus sambungan telepon
Sama seperti pada umumnya, hanya saja anda jangan kaget jikalau ada panggilan telepon masuk, layar menjadi gelap jika diangkat, karena memang seperti itu, itu yang disebut proximity sensor. Proximity sensor ini berada di atas ponsel dekat kamera depan, jika ingin menutup panggilan telepon, pastikan proximity tidak tertutup agar layar muncul kembali. Jika anda menggunakan loudspeaker, layar akan tetap menyala.

4. Mengganti Bahasa 
Untuk mengganti bahasa, anda bisa menggantinya di -> Settings -> "Language & Input" -> "Language" -> Pilih bahasa yang anda inginkan.

5. Mengatur penggunaan data
Jika anda menggunakan layanan internet data, ada baiknya anda mengatur setelan data sesuai dengan paket internet yang anda pilih, jadi sekiranya penggunaan data sudah hampir habis, anda akan diberi peringatan data secara otomatis. Menu ini ada di "Data Usage"



Atur saja sesuai dengan kebutuhan paket data internet anda.

6. Memulai Play Store
Sebelum menggunakan PlayStore, pastikan anda setting pengaturan terlebih dahulu, terutama terkait fitur update otomatis. Jika diset otomatis, maka semua aplikasi yang meminta update, akan berjalan semua. Sehingga ketika anda menginstall sebuah aplikasi akan terasa lama. Namun jika anda tidak masalah dengan itu, biarkan saja default.

Namun jika anda bermasalah dengan limit kuota internet, maka wajib anda mengatur fitur otomatis updatenya terlebih dahulu. Buka settings, lalu lihat dua menu yang ada seperti berikut ini:

Silahkan di atur sesuai yang anda inginkan.


Saya rasa itu saja hal yang paling mendasar yang perlu dilakukan dan diketahui pada saat pertama kali memulai menggunakan perangkat android.

Semoga berguna.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Posting Komentar

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar