Sabtu, 09 Maret 2013

Cara mengganti Huruf / Fonts di Android dengan iFont (Rooted devices only)

Siang bro & sis. Minggu ini saya mau share cara mengganti fonts di handset android. Jika anda bosan dengan huruf default pada Android anda, anda bisa mencoba aplikasi iFont. Buatan DIYUN. Aplikasi ini berisi berbagai macam fonts yang bisa anda terapkan di Android yang sudah di root.


Disclaimer:
Handset anda wajib di root dan sudah terinstall CWM, lalu backup. Jika terjadi bootloop, atau booting tanpa masuk-masuk ke android. Maka cukup masuk ke advanced restore, lalu restore system saja. Maka android anda sudah kembali ke normal. Namun jika android anda belum terinstall CWM, jangan dicoba. Atau gunakan dengan resiko anda sendiri. :)

Beberapa device yang sudah saya coba menggunakan aplikasi ini:
- Samsung Nexus S CM 10.0
- Smartfren Andromax-i Stock 4.0.4
- Onda VX580W Deluxe Stock 4.1.1

Bekerja dengan semestinya dan tidak mengalami masalah bootloop. :)

Aplikasi iFont (Easy to change font):


Setelah install, jalankan aplikasi ini, nanti fonts akan muncul font preview yang bisa anda set untuk system android.


Cukup sentuh fonts yang diinginkan, unduh, dan set, lalu reboot. Maka fonts sudah terganti pada android, setelah reboot, jika bootloop lihat disclaimer diatas.


Selain yang tersedia secara online, anda juga dapat menggunakan font yang anda unduh sendiri ditempat lain. Copy saja file .ttfnya di folder /sdcard/ifont/custom, seperti gambar dibawah ini. (Saya menggunakan ES File Explorer).


Jika sudah Jalankan kembali ifont, lalu pilih tab custom, maka font anda akan ada disitu. Dan siap untuk diset ke system android.


Sebelum set, anda akan diperlihatkan previewnya terlebih dahulu, pastikan tulisan yang paling terkecil cukup jelas untuk dibaca, jika tidak ganti yang lain. Agar proposional dengan handset android anda. :)


Dan berikut ini adalah contoh hasil dari font custom. Pada messaging di android.


Nah selesai, semoga di device anda tidak mengalami bootloop. Jika terjadi cukup direstore saja systemnya melalui advanced restore via CWM. :), Selamat berburu fonts android yang menarik.

Semoga berguna.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :