Rabu, 06 Maret 2013

Cara mengatur keamanan ponsel / tablet Android

Untuk mengamankan ponsel android ada berbagai cara yang bisa dilakukan, secara default dan seperti pada umumnya ponsel-ponsel lain, fitur keamannya hanya sebuah kunci geser. Yang mana hampir semua orang bisa membukanya, termasuk anak saya yang masih 2 tahun pun dengan mudah membuka kunci tersebut.


Lalu bagaimana agar lebih sulit lagi untuk dibuka, terutama jika memang android anda berisi file-file data penting yang tidak ingin dicuri atau diketahui orang lain. Di android terdapat fitur keamanan yang lumayan tinggi. Ada Pin, Sandi, Pola, dan Wajah.

Pin & Sandi
Disini anda bisa menggunakan password / pin. Untuk pin hanya bisa berupa angka-angka saja, sedangkan sandi bisa menggunakan aneka huruf angka dan simbol.

Pin

Sandi
Pola
Pada pola ini anda akan diberikan sembilan titik seperti gambar dibawah ini.


Sebagai contoh seperti dibawah ini.


Pola akan diset selama dua kali pastikan sama.

Wajah
Fitur ini adalah fitur unlock/lock pada android dengan menggunakan wajah atau face detection. Sayangnya admin tidak punya fitur ini di handset yang dimiliki, jadi tidak bisa menampilkan screenshot/demonya.

Dari berbagai fitur keamanan diatas, yang paling sulit dibuka adalah model pola geser. Karena jika salah titik satu saja ya gagal. Dan banyak dari beberapa teman saya tidak bisa membuka kunci ini karena lupa. Jadi pastikan untuk pola geser pastikan ingatan anda kuat. :D

Sedangkan PIN/Sandi, asal bukan nama/tanggallahir/atau yang bisa ditebak, juga tidak akan mudah di bobol.

Sedangkan untuk face lock, menurut saya masih riskan, dikarenakan bisa saja menggunakan foto pemilik untuk membukanya. Cmiiw.

Ok itu saja fitur-fitur keamanan untuk android.
Semoga berguna.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

0 komentar:

Posting Komentar

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar