Selasa, 05 Maret 2013

Cara mengambil screenshot / capture layar android dan mengeditnya

Cara mengambil screenshot / capture layar android dan mengeditnya. Dahulu sebelum os gingerbread, untuk mengambil screenshot / capture layar android harus membutuhkan akses root. Akan tetapi setelah rilis android gingerbread, fitur untuk mengambil layar android (Screenshot/screenshot) sudah tersedia secara default.
Untuk mengambil screenshot / capture layar di android adalah dengan menggunakan kombinasi tombol. Umumnya adalah dengan menggunakan kombinasi tombol "Volume Down + Power". Namun untuk beberapa brand tertentu ada juga yang menggunakan kombinasi tombol "Home + Power".

Dengan menggunakan kombinasi tombol tersebut, maka anda bisa mengambil layar satu layar penuh. Dan hasil screencapture tersebut akan berada di folder "Screenshot" .

Berikut adalah contoh ketika saat menekan kombinasi tombol untuk screenshot pada android oreo 8.1.0


Dan berikut adalah contoh hasil screencapture pada Android MIUI/Xiaomi.

Cukup mudah, bukan! Selanjutnya anda bisa langsung mengedit dengan aplikasi galeri bawaan vendor atau menggunakan google foto. Jika anda menggunakan Google Foto, ada beberapa fitur yang bisa anda gunakan yaitu menambah filter, mengatur warna, merotasi gambar, dan juga memotong gambar.

Lalu adakah aplikasi screenshot yang langsung dapat mengambil area gambar tertentu tanpa harus melakukan cropping lagi. Tentu saja ada, silahkan buka aplikasi Google Play, didalamnya terdapat banyak aplikasi screencapture atau screenshot dengan banyak fitur. Berikut adalah kompilasi aplikasinya.

1. SCREEN MASTER : Screenshot & Longshot, Photo Markup (Blossgraph)

Aplikasi ini dikembangkan oleh "Blossgraph". Aplikasi ini dapat langsung mengambil foto dengan area tertentu. Berikut adalah penggunaan dari aplikasi "screen master". Jalankan aplikasi, kemudian klik "Turn On Screen Capture", nanti akan ada "floating icon", kemudian tentukan tampilan layar yang ingin di capture, lalu klik ikon tersebut.

Kemudian klik Start now, maka layar yang ingin anda capture, sudah bisa langsung di edit. Seperti berikut.
Anda bisa langsung melakukan crop pada area yang anda inginkan, setelah itu anda bisa mengeditnya lagi. Ada fitur crop tambahan, text, sticker, mosaic, dan kuas untuk menggambar atau menulis sesuatu. Setelah anda mengedit gambar, hasilnya bisa langsung anda bagikan melalui  media sosial, email, ataupun perpesanan seperti whatsapp, line, dll.

2. Screenshot Capture Recorder (App Doodle)

Aplikasi ini dikembangkan oleh "App Doodle". Aplikasi ini selain dapat melakukan capture dan edit langsung juga dapat merekam layar android. Sama seperti Screen Master. Aktifkan dulu service aplikasinya. Kemudian pilih area layar yang ingin dicapture, lalu klik ikon.

Selanjutnya klik tombol ikon pensil, kemudian anda bisa langsung mengedit gambar yang telah anda capture.
Selanjutnya anda bisa mengcrop gambar, menulis pada layar, menambahkan text. Dan anda bisa langsung membagikan hasil gambar yang telah di edit ke media sosial, email, ataupun perpesanan seperti whatsapp, line, dll.

3. Screenshot Touch (Daejeong Kim)

Aplikasi Screenshot Touch ini dikembangkan oleh Daejeong Kim. Aplikasi ini masih cukup sama dengan aplikasi-aplikasi yang telah di tulis diatas. Aplikasi ini menggunakan screenshot service yang harus diaktifkan dahulu, kemudian nanti muncul ikon, lalu pilih gambar yang ingin dicapture, lalu klik ikon untuk capture.
Fitur-fitur yang tersedia adalah crop image, dan editing gambar dengan menambah tulisan, huruf, kotak, lingkaran, dll.
Setelah anda mengeditnya, anda bisa menyimpannya kemudian bisa anda share di berbagai media sosial, email, ataupun layanan perpesanan seperti whatsapp, line, dll.

Saya rasa 3 aplikasi tersebut sudah cukup mewakili ragam aplikasi screenshot yang ada di playstore, karena semuanya hampir sama. Silahkan di install yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Semoga berguna.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Posting Komentar

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar