Wednesday, September 6, 2017

Cara memblokir situs di archlinux, android atau linux lainnya

Assalamualaikum. Wr. Wb. Bro/Sis.

Saat ini berbagai macam konten tersedia secara bebas di internet, disatu sisi ada manfaatnya, di sisi yang lain ada yang bisa berdampak negatif. Nah bagi anda pengguna linux, dan linux digunakan oleh orang-orang yang anda sayangi, misal anak anda. Maka untuk melindunginya dari berbagai macam hal-hal yang bisa mempengaruhi pikirannya adalah dengan mengamankan linux dari situs-situs yang terlarang.


Oke langsung saja.

Buka command line, konsole, lxteriminal, dll. Di android ada terminal emulator, search aja di play store, banyak macam dan jenisnya.

Lalu edit /etc/hosts, pastikan linux anda di root dulu.... :D :D :D dikira android apa.... :p, tapi cara ini juga bisa diterapkan diandroid juga asal punya akses root.

$sudo nano /etc/hosts
lalu tinggal isikan saja seperti gambar berikut:

Kemudian save deh, selesai, situs yang tertulis tidak akan bisa dibuka.

Aman????... belum.., karena begitu banyak situs-situs yang dilarang dan tentunya kita tidak mungkin mencarinya satu-satu, hal yang kita percayakan adalah pemblokiran dari pihak operator seluler. Hampir semua ISP sudah memblokir situs-situs umum yang dilarang. Nah akan tetapi, walaupun sudah diblokir dari ISP, ada celah untuk mengaksesnya, yaitu dengan layanan VPN atau sejenisnya lah.

Jadi...??? ya blokir juga lah layanan VPN tersebut sekalian.... jangan tanggung-tanggung... :D :D :D

Aman???... belum.... karena bisa jadi anak lebih pinter dari ortunya... :D :D... yang paling vital dan berperan adalah pengawasan orang tua langsung, serta jangan berhenti belajar dan jangan mempercayakan semuanya sama alat / tools.... :)

Ok bro/sis, gitu ajah postingan singkat kali ini..

:)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara memblokir situs di archlinux, android atau linux lainnya

0 komentar:

Post a Comment

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar