Thursday, July 20, 2017

Membuat, merevisi, melakukan pembetulan pada SPT PPN di aplikasi eFaktur

Setelah selesai menginput faktur pajak keluaran maupun masukan, tentunya jangan lupa diupload ke DJP untuk masing-masing faktur tersebut, agar data faktur tersebut muncul pada pembuatan SPTnya.



Membuat SPT PPN
Jika sudah mengupload faktur maka langkah selanjutnya adalah membuat SPT PPN, untuk membuat SPT PPN, buka SPT -> Posting , Lalu tentukan masa yang ingin dibuat SPT nya.

Lalu teken Posting, maka spt telah selesai dibentuk. Selanjutnya tutup jendela "Posting data faktur". Kemudian buka SPT, lalu buka "Buka SPT". Kemudian tekan tombol "Perbaharui tampilan" nanti spt akan muncul disana, pilih SPTnya, kemudian pilih "Buka untuk di ubah". Anda bisa memulai mengisi SPTnya.

- Mengisi faktur pajak digunggung
Buka SPT, Buka Formulir Lampiran, lalu Buka 1111AB, pada bagian 1, Hurub B nomor 2 isikan nilai penjualan yang digunggung. Tekan simpan jika sudah selesai.

- Mengkompensasikan masa pajak sebelumnya
Buka SPT, Buka Formulir Lampiran, Lalu buka 1111AB, buka Bagian 3
Jika lebih bayar dari bulan sebelumnya isikan di III.A.B.1, jika lebih bayar akibat dari pembetulan SPT PPN, isikan di III.AB.2, dengan diisi masa pajak dan tahun pembetulannya.

- Mengisi SSP dan Menyimpan Induk SPT PPN
Buka SPT, Buka Formulir Lampiran, Lalu buka Formulir Induk, pilih 1111, kemudian buka bagian II, nilai kurang bayar dapat dilihat pada bagian D untuk SPT normal, dan F pada SPT pembetulan. Lakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum melanjutkan proses.
Kemudian tekan tombol SSP di G. Lalu tekan tambah, kemudian input SSP yang telah dibayarkan.
Jika anda ingin mencetak SPTnya terlebih dahulu, isikan saja dulu NTPN dengan angka 0, dengan nominal yang ada. (Tergantung kebijakan perusahaan, biasanya pengajuan bayar harus dilampirkan dengan SPT nya). Jika sudah simpan. Tutup jendela daftar SSP. Setelah itu masuk kebagian VI. untuk mengisi alamat.
Kemudian Simpan. Selesai deh proses membuat SPT PPN Normalnya. Untuk mencetak buka SPT, lalu buka "Buka SPT" pilih masa yang diinginkan. kemudian pilih:


- Cetak SPT Induk....
- Cetak Lamp....

File disimpan dalam bentuk PDF untuk kemudian dapat dicetak melalui printer.

Revisi dan Pembetulan
Pembetulan SPT PPN pada dasarnya disebabkan faktur pajak batal, pengganti, faktur pajak masukan batal ataupun pengganti, ataupun ada penambahan baik dari faktur pajak keluaran maupun masukan. Untuk melakukan pembetulan SPT PPN, tentunya anda sudah melapor dulu SPT PPN Normalnya.

Jika sudah lakukan pembetulan pada fakturnya langsung:
1. Faktur Batal
Buka Daftar Faktur Pajak Keluaran untuk Faktur pajak keluaran dan atau Daftar Faktur Pajak Masukan untuk faktur pajak masukan, kemudian pilih faktur yang diinginkan untuk dibatalkan. 

Faktur batal akan menyebabkan nilai faktur tersebut menjadi 0, jika membatalkan Faktur Keluaran akan menjadi Lebih bayar untuk transaksi normal, nihil jika transaksi dengan pemungut.

Jika membatalkan Faktur masukan, akan menjadi kurang bayar jika statusnya dikreditkan, jika tidak dikreditkan akan menjadi nihil.

Kombinasi revisi keduanya akan sama prosesnya menjadi PK-PM=PPN

2. Faktur Pengganti
Faktur pengganti pada pajak keluaran hanya bisa digunakan pada masa pajak itu diganti, jadi walaupun Faktur Normal bulan Juni, faktur pengganti di set bulan juli, faktur tersebut tetap masuk di bulan Juni. 

Sedangkan untuk faktur pajak pengganti masukan maksimal dapat digunakan maksimal 3 bulan setelah tanggal faktur pajak yang normal (bukan pengganti).

Nilai LB/KB/Nihil tergantung dari perubahan nominalnya.

3. Tambahan faktur keluaran/masukan
Jika ada pembuatan faktur pajak keluaran baru, dan atau ada tambahan faktur pajak masukan baru.

Untuk melakukan pembetulan, pastikan semua revisi sudah di input dan mendapatkan approval. Jika sudah buka Tab SPT. Lalu pilih masa pajak yang ingin anda buat pembetulannya.


Kemudian tekan tombol posting. Sampai muncul notifikasi data spt berhasil dibentuk. Tutup window Posting data faktur, buka "SPT", lalu buka "Buka SPT", kemudian tekan tombol "Perbaharui Tampilan". Nah spt pembetulan sudah muncul, silahkan anda buka untuk anda cek tiap lampirannya. Jika sudah bisa dilanjut dengan pembayaran jika KB, dan pelaporannya.



itu saja.. :)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Membuat, merevisi, melakukan pembetulan pada SPT PPN di aplikasi eFaktur

0 komentar:

Post a Comment

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar