Tuesday, May 9, 2017

Cara membuat bootable flash disk untuk instalasi Windows / Linux

Assalamualaikum. Wr.Wb. Bro/Sis

Alhamdulillah setelah sekian lama vakum ngeblog, akhirnya ada ide menulis lagi, kali ini adalah mengenai cara membuat bootable flash disk untuk menginstall sistem operasi macem windows atau linux. Tentunya saat ini banyak sekali laptop-laptop dalam kategori netbook sudah tidak ada lagi yang namanya optical drive. Sehingga ketika ingin install Sistem operasi yang umumnya pakai CD/ISO agak sedikit kesulitan, nah sekarang saya mau share aplikasi yang bisa membuat flash disk bootable layaknya CD.

Salah satu aplikasi tersebut adalah Image Writer, atau sekarang namanya Win32 Disk Imager. Aplikasi ini bisa anda download disini:

https://sourceforge.net/projects/win32diskimager/

Untuk instalasi ya gampang lah, sama kayak install aplikasi lainnya. Berikut adalah tampilan dari aplikasi Win 32 Disk Imager.

Nah tinggal pilih file ISOnya, kemudian device adalah flash disk yang akan digunakan, setelah itu pilh Write untuk memulai. Selesai deh, flash disk langsung enggak kebaca di laptop..... alias dianggap rusak.... hehehehehehehe.... ya memang begitu, karena dari itu harus dibackup kalau punya data di flash disk...

setelah itu colok flash disknya di laptop yang mau boot ke flash disk. selesai deh. ikuti petunjuk instalasi os yang ada.

Oke itu aja bro/sis, cuma singkat aja postingan kali ini... :D

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

:)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara membuat bootable flash disk untuk instalasi Windows / Linux

0 komentar:

Post a Comment

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar