Tuesday, March 8, 2016

XFCE4 Crash dan tidak bisa auto login menggunakan LXDM di Archlinux

Assalamualaikum, Wr. Bro/Sis.

Beberapa waktu yang lalu, saya iseng-iseng menginstall XFCE4 di Archlinux, dan menggunakan autologin via LXDM. Awalnya sih normal-normal saja, tidak ada masalah. Waktu pakai LXDE, saya biasa menggunakan dua layar, layar utama (laptop), dan layar sekunder (monitor). Layar laptop untuk web browsing untuk buka email-email pekerjaan, layar monitor untuk menjalankan aplikasi eSPT di windows XP via Virtual Box. Nah ketika menggunakan XFCE4, tiba-tiba saja layar di laptop hilang isinya hanya tersisa wallpapernya saja. Yang sebelah kanan virtualbox masih berjalan, tapi tidak bisa melakukan apa-apa selain menutup aplikasi, setelah menutup aplikasi malah gak bisa ngapa2in. Duh bingung, akhirnya restart deh.. eee... Malah cuman nongol wallpapernya doang. Saya coba hapus XFCEnya via CTRL + ALT + F2. Lalu reboot kembali ternyata gagal juga malah stuck di terminal. :(


Hal ini disebabkan LXDM membaca pengaturan login yang terakhir yaitu login otomatis ke XFCE, sedangkan XFCE4 sudah dihapus. Sehingga asumsi saya LXDM ini kebingungan. Nah jika ada pengguna archlinux yang ketemu permasalahan sejenis ini, berikut adalah sedikit tips untuk mengatasi hal tersebut.

Pada saat masuk ke Desktop Environment yang hang, tekan tombol kombinasi CTRL + ALT + F2, untuk masuk ke mode terminal, lalu masuklah dengan user root.

Lalu ubah pengaturan lxdm.conf, dengan perintah #nano /etc/lxdm/lxdm.conf

Lalu cari baris berikut;

Beri tanda # di bagian autologin seperti berikut:

Jika sudah kemudian Save, nah setelah itu reboot, dan cek kembali, anda akan masuk ke LXDM Login manager, setelah itu ganti deh desktop environment yang diinginkan.

Selesai. :D
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : XFCE4 Crash dan tidak bisa auto login menggunakan LXDM di Archlinux

0 komentar:

Post a Comment

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar