Monday, March 21, 2016

Mengisi SSP dan membuat CSV untuk pelaporan eSPT PPh 21

Setelah SPT PPh 21 dibuat, dan dicetak, maka hal selanjutnya adalah membayar SSP untuk PPH 21 yang telah dibuat, batas pembayaran untuk PPh 21 adalah setiap tanggal 10 setiap bulannya, dan batas pelaporannya adalah tanggal 20 setiap bulannya. Jika batas tanggal tersebut ketemu dihari sabtu, minggu atau hari libur, maka batas waktunya adalah di hari kerja berikutnya.


Jika anda sudah menyetor SSP pastinya anda akan mendapatkan Nomor NTPN, nanti NTPN ini digunakan untuk input SSP di eSPT.  Langsung saja buka eSPT pph 21, lalu buka ISI SPT, lalu masuk ke Daftar SSP/PBK (1721-IV), berikut adalah tampilannya, jika anda telah mencetak SPT yang statusnya KB atau LB otomatis akan muncul disini nilai yang harus dibayar atau lebih bayar, jika lebih bayar angkanya akan berada didalam kurung dan tidak perlu menginput/membuat SSP. Jika kurang bayar, nanti data SSP di isi disini.

Tekan tombol tambah untuk membuat SSP, lalu isikan sesuai dengan kode akun pajak, kode jenis setoran, tanggal bayar, nilai ntpn yang diterima, serta jumlah setoran. Anda bisa menambah lebih dari satu ssp disini dengan menekan tombol tambah saja.
Pastikan Jumlah PPh terutang dan SSP yang disetor sama, atau jika memang SSP yang disetor lebih bayar, isikan sesuai dengan SSP yang lebih bayar tersebut. (Bisa dikompensasi jika lebih bayar lihat artikel kompensasi pph 21), Jika jumlah SSP yang disetor lebih kecil dari pph terutang, maka CSV pelaporan tidak akan bisa dibuat. Oke selanjutnya adalah pembuatan CSV. Buka CSV, lalu pilih pelaporan SPT, kemudian pilih masa yang ingin dilapor.
Kemudian Tekan tombol, "Buat File CSV" lalu arahkan ke Flash disk, buat folder misalnya laporan pt a bulan sekian, kemudian simpan csv disitu, file csv harus berupa angka, jangan diubah atau direname. Jika sudah bawa SPT yang sudah ditanda-tangani dan dicap basah, beserta ssp, dan flashdisknya kemudian lapor di KPP tempat terdaftar. Jika sudah selesai PPh 21 sudah terlapor, dan anda akan menerima Bukti Penerimaan Surat (BPS) sebagai bukti anda telah melapor.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengisi SSP dan membuat CSV untuk pelaporan eSPT PPh 21

0 komentar:

Post a Comment

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar