Wednesday, January 27, 2016

Membuat SPT PPN eFaktur Nihil walau sudah di Input

Assalamualaikum. Wr.Wb.

eFaktur sudah diinput, gak bisa buat PPN nihil donk. Iya jika mengandalkan satu database efaktur memang tidak akan bisa. Tapi tenang saja bisa kok. Dengan memanfaatkan histori backup db sebelumnya. Sebagai contoh, si PKP A di bulan Desember 2015 ada PPN out, akan tetapi karena belum dibayarkan jadi belum bisa bayar. Misal PPN nya hanya 10.000 rupiah, tapi kalau tidak laporan pastinya akan kena denda 500ribu rupiah... nah loh, daripada buntung mending lapor nihil dulu.. :D

Tapi disarankan apapun kondisinya diusahakan bayar tepat waktu dongs ya... :p

Oke langsung saja.

Buka folder eFaktur, lalu buka backup, :

File di folder backup akan terbentuk setiap kali menggunakan , dan ada perubahan didalamnya. Misal anda input PPN out di desember 2015. Nah sudah tidak bisa buat PPN Nihil lagi donk ya. Nah ekstrak saja database yang belum diinput desembernya misalnya db_201511.... (november 2015). (contoh). Nanti ada folder db seperti berikut. Klik saja, nanti ada folder EtaxInvoice


Rename saja Etaxinvoice menjadi NIHIL atau nama lain terserah anda.

Klik kanan kemudian CUT. Pindahkan / Paste ke Folder Aplikasi Efaktur -> db, seperti berikut:
Setelah itu jalankan efaktur nya deh. Jika ada error database, kemungkinan menggunakan ekstrak database yang terlalu jauh,



silahkan unduh dulu EtaxInvoiceUPD disini:
https://efaktur.pajak.go.id/aplikasi

Setelah itu aplikasi EtaxInvoiceUpd.exe copy ke folder aplikasi efaktur kemudian jalankan deh, pastikan online ya.


Jika sudah jalankan efakturnya. Kemudian login dengan username dan password yang anda set sebelumnya.

Kemudian klik File - Administrator DB:

Pilih Nihil lalu konek ke database. Kemudian login ulang, selanjutnya buat deh SPT Nihilnya. ke SPT -> Posting


Set masa pajak, tahun pajak, cek jumlah Dok PKPM, pastikan PK dan PM 0, lalu posting degh.. sampai data SPT berhasil dibentuk.

Lalu seperti biasa, buka SPT -> Buka SPT -> Perbaharui Tampilan, Pilih SPT Masa 12-12 -> Buka SPT Untuk diubah, isikan tanggal pada form 1111 lalu simpan. Lalu anda dapat mencetak spt induk dan membuat csvnya.

Selesai degh, aman.... 500 ribu gak melayang.., tapi denda 2 persennya menanti,.... ngohoahoahoa... apalagi kalau omsetnya gedhe... ya resiko pkp tanggung sendiri.. :p, ya kalau gak mau kena denda.. ya ppnnya dibayar tepat waktu donk.. hehe..

Nah lanjut.. jika sudah bayar... kembali lagi database awal yaitu Etaxinvoice, langkahnya sama -> File - Administrator DB, login dengan username dan password, lalu posting deh masa 12 tadi (contoh), tapi dua kali postingnya yaitu pembetulan 0 dan pembetulan 1.

Kemudian buka masa yang dibetulkan tadi, lalu buka SPT, (jangan lupa perbaharui tampilan), kemudian pilih SPT lagi -> Formulir Induk -> 1111



Pilih tab pada bagian dua:



Pada bagian II.E secara otomatis kan nilainya akan muncul, itu ganti menjadi 0 (karena spt yang dibetulkan kenyataannya memang 0 = dibuat SPT nihil)
Nah Bagian II.F akan muncul otomatis, bayar deh tuh... kemudian input SSP dan NTPN lalu lapor..

Tapi kalau niatnya memang mau lapor nihil dulu untuk jaga-jaga jika ada masalah dana, sebaiknya langsung saja buat SPT PPN nihil setahun biar tidak repot seperti diatas.

Goodluck bro/sis
:)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Membuat SPT PPN eFaktur Nihil walau sudah di Input

0 komentar:

Post a Comment

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar