Tuesday, May 19, 2015

Mengganti wallpaper dapat menghemat baterai Android?

Assalamualaikum.Wr.Wb.

Pasar android saat ini didominasi oleh android dengan layar teknologi LCD dan AMOLED. Tetapi mungkin banyak orang yang tidak tahu bahwa gambar wallpaper yang dipilih dapat mempengaruhi aktifitas baterai. Gambar dengan dasar warna hitam atau mayoritas hitam dapat meningkatkan daya hidup baterai.


Amoled vs IPS LCD


Tapi tentu perlu dilihat dulu jenis layar ingin digunakan. Seperti yang kita ketahui ada 2 jenis layar yang popular saat ini yaitu LCD dan AMOLED. Untuk teknis, definisi dan jenisnya silahkan googling sendiri.

Secara singkat menurut pemahaman awam saya:

1. LCD
Jenis LCD adalah jenis layar yang membutuhkan penerang atau backlight, walaupun di layar gelap sekalipun, sehingga pasti butuh daya.  Tentu layar jenis ini tidak dapat melakukan penghematan baterai walaupun layar wallpaper diset gelap. Jadi kalau layar terus menerus menyala (mau hitam , berwarna, dan putih) ya ikut boros pula baterainya.

TFT & IPS (LCD)





2. AMOLED
Jenis Layar yang layar hitamnya tidak membutuhkan daya backlight, sehingga hitamnya benar-benar pekat seperti ponsel mati, tapi ada beberapa yang terlihat di ruangan yang gelap, tergantung jenis amolednya. Nah karena layar hitam tidak membutuhkan daya yang besar, jelas ini keuntungan AMOLED jika warna dasarnya diset jadi gelap, otomatis dapat meningkatkan daya tahan baterai.

AMOLED


Kesimpulannya, iya mengganti wallpaper dapat mempengaruhi daya tahan baterai asal jenis layarnya adalah tipe AMOLED, karena untuk warna hitam sama sekali tidak butuh daya backlight.

Ok itu saja, jika ada yang salah tolong dikoreksi.

:)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengganti wallpaper dapat menghemat baterai Android?

0 komentar:

Post a Comment

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar