Sunday, May 17, 2015

Mencoba ROM BlissPop Untuk Android ONE

Assalamualaikum.Wr.Wb. Bro/Sis

Setelah mencoba PACMAN Roms kali ini saya mau share rom alternatif lagi untuk varian android one (Nexian Journey One, Evercoss One X, dan Mito Impact). Rom yang akan dicoba adalah BlissPOP. Apalagi itu? BlissPop adalah rom alternative yang berbasis CyanogenMOD dengan tambahan berbagai fitur kustomisasi.




Untuk Situs Resminya ada di blissroms.com, lalu untuk Android ONE ada di XDA:

Downloads ROM & GAPPS masukkan ke external SD-Card, kalau gak ada ya jangan lanjut. :p, Sprout 4 khusus yang sdcard externalnya lebih besar dari internal, sprout 8 khusus yang ingin internalnya jadi main sdcard.

Untuk Instalasi Sama Seperti Install ROM Cyanogenmod
1. Backup, Backup, dan Backup (pasti ilang data kalau install dari stock rom).
2. Sudah UnlockBootloader dan terpasang CWM/Philz/TWRP
3. Lanjut dengan resiko anda sendiri.

Proses Instalasi.
1. Boot to CWM/Philz/TWRP
2. Wipe Data/Dalvik/Cache/ART + Format System
3. Flash ROM
4. Flash Gapps
5. Reboot

Ok karena BlissRoms berbasis cyanogenmod, ya bug yang ada di CM12 otomatis ya ada juga di BlissRoms ini, tapi pas saya coba barusan, masalah prioritas kartu SIM diawal start sudah gak ada di rom ini. Nongol lagi ternyata + Bug video record lag parah, padahal di cm12 mulus. Oke lanjut ke fitur-fitur yang ada di Bliss ROMS. :)





Untuk Dark Bliss adalah Fitur untuk mengganti tema default bliss menjadi gelap atau terang, dan juga bisa mengganti tema sendiri jika malam atau siang, dan berdasarkan sensor cahaya, tapi sayang untuk sensor cahaya masih belum bekerja dengan semestinya.

Selanjutnya adalah Equalizer, ya buat kustomisasi "jedag jedug" di kuping. :D

Nah selanjutnya adalah Fitur utama Bliss, yang bisa dibuka pada menu "Bliss Interface".

Untuk Pengaturan Status Bar ya standar ROM CM pada umumnya ganti posisi jam, icon baterai, dsb ya berikut kalau semuanya diaktifkan.. :D, jadi sempit
Selain itu ada fitur untuk membuat notifikasi status bar sms dan voicemail menjadi kelap kelip yaitu dengan mengaktifkan "Breathing Notifications"

Lanjut ke Navigations Options, disini ada Target Cincin Navigasi dan Tombol, fitur ini tidak jauh berbeda dengan versi CM.


Nah yang unik adalah navigasi ala pie, atau pie control, kalau anda ingin menghilangkan standar navigation atau ingin semua layar penuh tentunya pie control ini lumayan bisa membantu. :) Walaupun di lollipop ini sepertinya tidak terlalu perlu. Tapi biar eye catching saja dan beda intinya.. :D, Namun kalau untuk versi JB tentu ini sangat bermanfaat sekali, "which is" di androidone kita tidak perlu melihat kebelakang.. :D :D :D


Selanjutnya adalah menu Recent Options, ya disini mengatur windows tab, pas kita menekan tombol kotak yang isinya tab-tab aplikasi. Disini yang menjadi poin utama adalah omni switch. Ya fitur alternatif tab. Jikalau bosan dengan tab default, mungkin begini lebih simple.

Selain itu ada fitur quick menu juga kalau mau akses aplikasi lain.

Selanjutnya fitur Drawer Notification, ya sama dengan Fitur rom basis cm lainnya, untuk mengatur bagian drawer notification, yang kalau kita swipe dari status bar. Lalu fitur Heads up, untuk mengatur notifikasi aplikasi yang mau dimunculkan atau tidak (tapi belum dicoba :( )

Untuk Lockscreen Options ya standar lah, kemudian untuk menu Power button ada ragam pilihan seperti berikut.



Lalu ada fitur gesture anywhere yang sudah saya bahas disini di rom pacman. Kemudian ada Display and Animation, di sinii anda bisa mengatur berbagai macam animasi ketika swipe, close, text info, animasi keyboard saat mau mengetik, listview dsbgnya.


Selanjutnya adalah App circle bar, yaitu akses cepat ke aplikasi dengan tampilan circle seperti berikut:


Kemudian yang terakhir adalah appbar yang di PACMAN force close, disini berjalan sukses. Sama seperti circle, tapi klo appbar yang bentuknya bar memanjang saja. 

Nah itu saja bro/sis seputar rom BlissPOP untuk AndroidONE (Nexian Journey one, Mito Impact, dan Evercoss One X), Selamat mencoba dan gunakan dengan resiko anda sendiri. :)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mencoba ROM BlissPop Untuk Android ONE

0 komentar:

Post a Comment

Anda harus sign ke akun Google terlebih dahulu untuk memberi komentar